ANGKATAN PERTAMA KURSUS MAHIR DASAR (KMD) NURUL FIKRI BOARDING SCHOOL LEMBANG

16 Mei 2022 14:39 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI ANGKATAN PERTAMA KURSUS MAHIR DASAR (KMD) NURUL FIKRI BOARDING SCHOOL LEMBANG

Kepramukaan menjadi kegiatan wajib pada jenjang Pendidikan. Hal itu sesuai dengan undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka mengatur aspek pendidikan kepramukaan, kelembagaan, tugas,  dan wewenang pemerintah sebagai wadah untuk mencapai tujuan pramuka dan berasaskan Pancasila. Oleh karena itu, untuk menunjang terwujudnya tujuan Pendidikan Kepramukaan maka diadakannya Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD).

  

Pada tanggal 9 – 14 Mei 2022 SMP-SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang melaksanakan kegiatan KMD yang di ikuti oleh 42 peserta terdiri dari 24 peserts golongan Penggalang dengan laki-laki 14 orang dan perempuan 10 orang. Golongan Penegak sejumlah 18 orang dengan laki- laki 11 orang dan perempuan 7 orang. Kegiatan KMD ini merupakan Angkatan 01 Nurul Fikri Boarding School Lembang dan Angkatan 51 Kwarcab Bandung Barat yang bekerjasama dengan Pusdiklatcab KBB.

Adapun kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah materi- materi tentang membina yang dilaksanakan secara daring via zoom dari pukul 07.00 sampai 17.00 selama 3 hari berturut-turut kemudikan dilanjutkan dengan materi lapangan atau praktik dalam perkemahan di Area Nurul Fikri Boarding School Lembang.

  

Pembukaan KMD dihadiri langsung oleh Kak Drs.H. Aseng Junaedi, M.Si. selaku Ketua Kwarcab Bandung Barat sekaligus Wakabid Kerjasama Kwarda Jawa Barat memaparkan bahwa “ Tidak ada kata Pensiun dalam Pramuka”. Beliau senang dan bangga atas adanya keinginan Lembaga Nurul fikri untuk memajukan dan menghidupkan Gerakan pramuka di instansi sekolah.

Menurut kak Dr. Muh. Damiri, M.Pd selaku Direktur Akademik Nurul Fikri Boarding School Lembang sangat antusis dan mendukung adanya kegiatan KMD ini, Beliau mengharapakan Visi Lembaga dapat tercapai dengan mengimplementasikan pola pembinaan karakter pramuka kepada peserta didik di Asrama maupun di sekolah “Seluruh SDM di harapkan mengikuti kegiatan KMD” ujarnya. Beliau menuturkan bahwa Visi Nurul Fikri yakni Sholeh, Cerdas, dan Mampu memimpin selaras dengan Pendidikan karakter yang ada di Pramuka yang terdapat pada poin- poin Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka sebagai kode kehormatan.