HRD NFBS Lembang Mengadakan Training Orientasi Pegawai Baru (TOP-B) Batch 2

01 April 2021 15:23 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI HRD NFBS Lembang Mengadakan Training Orientasi Pegawai Baru (TOP-B) Batch 2

Penulis: Moh Robby Rodhiya

Lembang, 31 Maret 2021 - Pada umumnya, orientasi pegawai baru merupakan proses-proses yang disediakan lembaga bagi SDM baru untuk diberikan informasi, dan pemahaman atas lembaga dan tujuannya.

Di dalam proses orientasi pegawai baru, hal yang diutamakan adalah pegawai baru perlu mengetahui misi-visi dan budaya lembaga, struktur organisasi, benefit, peraturan yang ditetapkan oleh lembaga serta memperkenalkan lingkungan kerja kepada SDM baru untuk menyiapkan kondisi mental SDM dalam rangka memastikan produktivitas dan interaksi antar SDM dapat dimulai dengan cepat.   

Perbulan Desember 2020 hingga Bulan Februari 2021, HRD Nurul Fikri Boarding School Lembang sudah melakukan rekrutmen dan seleksi calon pegawai untuk mengisi formasi disetiap bidang yang dibutuhkan, terutama dibidang pelayanan dan akademik.

Sehubungan dengan hal tersebut, Unit Pelatihan dan Pengembangan, Bidang Kinerja dan Pengembangan SDM, Departemen HRD Nurul Fikri Boarding School Lembang mengadakan Training Orientasi Pegawai Baru (TOP-B) batch 2 kepada 8 SDM baru NFBSL pada hari Selasa, 09 Maret 2021 bertempat di Mini Theater lantai 2 NFBS Lembang.

Bagi lembaga, Training Orientasi Pegawai Baru pada saat awal masuk kerja sangatlah penting untuk mengarahkan diri mereka dalam beradaptasi dan mengerjakan pekerjaan, serta membantu mereka untuk tetap disiplin dan membangun komitmen kerja yang kuat kedepannya.” Pungkas Direktur Pelayanan dan Pengembangan Lembaga NFBS Lembang, Ust. Rahmat Wiyoga, S.E.

Training Orientasi Pegawai Baru ini dibuka oleh Direktur Akademik NFBS Lembang, Ust. Dr. Muhammad Damiri, M.Pd., yang sekaligus memaparkan materi orientasi mengenai grand design dan roadmap madani Nurul Fikri menuju Unggulan di tingkat nasional kepada para peserta orientasi.

“Tahun 2020-2025 adalah tahap penguatan system dan keunggulan sebagai Sekolah Pendidikan Karakter Soleh, Cerdas dan Mampu Memimpin. Tahun 2026-2030 adalah tahap pengembangan Sekolah Madani Nurul Fikri menjadi sekolah pendidikan karakter yang unggul di Jawa Barat, sedangkan pada tahun 2031-2035 adalah tahap konsistensi Sekolah Madani Nurul Fikri menjadi pelopor pendidikan karakter dan unggul di Indonesia.” Tegas beliau.

Pada sesi berikutnya, para peserta training orientasi diberikan challenge untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh panitia sebagai simulasi untuk menghadapi persoalan tersebut melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan mengimplementasikan core values (CITA) yang sudah disampaikan oleh Manager HRD NFBS Lembang, Ust. Gugun Gunawan, Lc., pada materi sebelumnya.

Salah satu peserta Training Orientasi Pegawai Baru, Ustadz Novan Aji Maaris, S.E., mengatakan bahwa “Training orientasi pegawai baru menurut saya sangat bagus dan penting, dimana kami sebagai pegawai baru mendapatkan materi atau wawasan tentang kelembagaan NF, dan mindset bekerja yang harus menyelaraskan antara kebutuhan dunia dan dampaknya di akhirat. Selain itu, diadakannya orientasi tersebut juga untuk mengarahkan diri kami dalam beradaptasi dan mengerjakan pekerjaan, karena dijelaskan pula tentang kondisi sosial dan budaya yang ada di NFBSL. Harapan saya TOP-B ini bisa terus dilaksanakan untuk para SDM baru yang bergabung di NFBSL, karena banyaknya manfaat yang di dapatkan.” Ujar beliau.

Selain mengadakan simulasi challenge kepada peserta, diakhir sesi acara Training Orientasi Pegawai Baru, peserta dibekali materi khusus mengenai Paradigma Pejuang. Materi ini secara khusus diberikan kepada peserta TOP-B agar diingatkan kembali mengenai makna berjuang dan menjadi penjuang serta memahami arti makna itu sendiri dengan kontribusi.

“Kita tidak sedang bekerja mencari uang, kita sedang berjuang membuat Rasulullah tersenyum melalui rangkaian karya pengabdian untuk menegakkan Izzul Islam wal Muslimin. Ujar beliau dari kutipan Abu Syauqi.