NFBS LEMBANG GELAR PELATIHAN IMS (IMPROVING MANAGERIAL SKILLS)

03 Desember 2020 17:07 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI NFBS LEMBANG GELAR PELATIHAN IMS (IMPROVING MANAGERIAL SKILLS)

NFBS LEMBANG GELAR PELATIHAN IMS (IMPROVING MANAGERIAL SKILLS)

LEMBANG – Nurul Fikri Boarding School Lembang harus tetap berinovasi di tengah kondisi pandemi saat ini. Sebagaimana yang kita ketahui secara bersama bahwa NFBS Lembang merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak generasi yang Sholeh, Cerdas dan Mampu Memimpin, maka  daripada itu untuk menghasilkan peserta didik yang unggul, maka kualitas SDM nya pun harus lebih unggul, serta memiliki DNA pendidik yang merupakan karakter pejuang pendidikan yang handal.


         


Sebagai bentuk usaha dalam menciptakan SDM yang handal tersebut Human Resource Development (HRD) NFBS Lembang bekerja sama dengan Talenta Insan Gemilang (TIG) telah mengadakan pelatihan Improving Managerial Skills (IMS) sejak maret 2020 lalu, yang bertempat di NFBS Lembang. Pelatihan ini bertujuan untuk memperbaiki serta meningkatkan kemampuan Manajerial SDM NFBS Lembang untuk seluruh pimpinan mulai dari direktur hingga ke tingkat koordinator yang ada di Lingkungan NFBS Lembang sehingga harapannya pimpinan yang diberikan pelatihan ini dapat meningkat kompetensinya dalam mengelola tugas dan SDM yang ada di bidang dan departemennya masing-masing.

Tema besar dalam pelatihan IMS yang diadakan setiap bulannya adalah Great Leaders For Excellent Team. Tema ini diambil dari konsep awal sebuah mindset bahwa setiap diri kita adalah seorang pemimpin yang luar biasa (great). Keberhasilan pemimpin diukur tidak hanya dari kontribusi pribadinya, tetapi juga oleh seberapa baik kita selaku pemimpin untuk membuat pekerjaan diselesaikan secara bersama dan melalui orang lain serta bagaimana caranya untuk membangkitkan semangat kinerja kepada tim yang kita pimpin.

Tujuan utama diadakannya IMS ini adalah agar para pimpinan dapat mengelola tugas dan mengelola orang yang ada di bidang atau departemen masing-masing, sehingga seluruh tim dapat bergerak kearah dan dengan kecepatan yang sama dalam mencapai visi dan misi lembaga.

Ada 2 jenis materi yang disampaikan selama pelaksanaan pelatihan IMS berlangsung, materi pelatihan IMS yang pertama mengenai motivasi, dan materi selanjutnya membahas mengenai manajerial skill.

Selama 8 bulan melaksanakan pelatihan IMS, ada 3 materi motivasi yang disampaikan oleh Coach Wahyu, yaitu The New You, Transformation Journey dan Kepemimpinan di Tengah Wabah. Sedangkan materi mengenai manajerial skill yang disampaikan oleh Coach Jaya Sapurta, terdiri dari 9 tema:

1.         Management

2.         Delegasi

3.         ARCI Matrix

4.         Tanggungjawab

5.         Agent of Change

6.         Perbaikan Kinerja

7.         Arti Masalah

8.         Tingkatkan Kompetensi SDM

9.         Tingkatkat Komitmen SDM

10.     Manajemen Laporan dan Manajemen Rapat

 “Setelah acara pelatihan selesai, peserta pelatihan diwajibkan untuk mengikuti proses alur evaluasi training yang terdiri dari 4 level, yaitu reaction, learning process, application dan result. Empat alur proses evaluasi training ini digunakan untuk mengukur sejauh mana pemahaman serta aplikatif peserta training guna menghasilkan efek jangka panjang untuk lembaga kedepannya. Level 1 dan 2 sudah dilaksanakan. 2 level evaluasi selanjutkan insya Alloh akan segera dilaksaakan selama 3-6 bulan kedepan yaitu dengan melihat bagaimana penerapan dari ilmu tersebut dan dampaknya bagi pelayanan pendidikan di sekolah Madani Nurul Fikri Boarding School Lembang”. Ungkap penanggungjawab acara IMS, Ustadzah Sabiila Yasaroh, S.Psi.