PELATIHAN INSAN MADANI DEVELOPMENT PROGRAMME (IMDP) NURUL FIKRI BOARDING SCHOOL LEMBANG

09 Agustus 2021 11:28 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI PELATIHAN INSAN MADANI DEVELOPMENT PROGRAMME (IMDP) NURUL FIKRI BOARDING SCHOOL LEMBANG

PELATIHAN INSAN MADANI DEVELOPMENT PROGRAMME (IMDP) NURUL FIKRI BOARDING SCHOOL LEMBANG  

Ditulis oleh Moh. Robby Rodhiya

Lembang, 09 Agustus 2021 - Dengan pelatihan SDM yang memadai, lembaga akan mampu memiliki pegawai yang dapat diandalkan, dan dengan pelatihan SDM yang cukup maka lembaga dapat mencapai target yang diharapkan.

Dengan pelatihan yang merupakan bagian dari pengembangan SDM, pegawai akan memiliki keterampilan dan kompetensi yang diharapkan oleh lembaga. SDM akan mampu bekerja sesuai standar yang diharapkan. Hal inilah yang dapat membantu lembaga untuk mencapai target yang diinginkan.

 

Maka daripada itu, HRD Nurul Fikri Boarding School Lembang mengadakan agenda Insan Madani Develompent Program (IMDP) mulai dari tanggal 05 – 13 Juli 2021 kepada seluruh SDM yang bertempat di area lingkungan NFBS Lembang. Acara IMPD ini dibuka langusng oleh Manager HRD NFBS Lembang yang bertempat di Gedung Serbaguna KH. Hilmi Aminuddin.

 

Tujuan diadakannya pelatihan dan workshop IMDP ini adalah untuk mendapatkan SDM atau pegawai yang berkualitas yang dapat diandalkan oleh lembaga. Dengan pelatihan dan pengembangan SDM yang memadai ini maka pegawai dapat terus meningkatkan kapasitas atau keterampilannya. Dengan begitu, maka lembaga juga akan terus menunjukkan kinerja yang optimal, sesuai dengan perkembangan zaman. Apalagi jika pelatihan dan pengembangan SDM melalui program IMDP ini direncanakan serta dilakukan secara berkala.

 

Jika pelatihan dan pengembangan SDM dilakukan secara berkala, maka pegawai dapat mengetahui perkembangan atau perubahan yang terjadi, baik di lingkungan lembaga maupun di lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, mereka dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan atau perubahan yang ada. Jika pegawai tidak mampu untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan yang terjadi, maka mereka akan ketinggalan bahkan akan kalah bersaing. Hal tersebut tentu juga akan berimbas kepada lembaga.

 

Oleh karena itu, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan profesionalitas seluruh SDM yang ada di lingkungan Pesantren Pendidikan Islam Madani, dengannya akan berdampak pada kemajuan lembaga. Hal ini dapat dirasakan berupa  kualitas pelayanan pendidikan yang disajikan dan juga lulusan yang semakin unggul

 

Ada beberapa pelatihan SDM yang dilakukan selama bulan Juli dalam rangkaian acara IMDP, yaitu :

 

1. Build Administration System

Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan yang berhubungan dengan pembelajaran yang menarik kepada peserta didik dengan mengguakan media atau aplikasi pembelajaran online, serta  memberikan pengalaman bermakna bagi para peserta didik melalui optimalisasi pembelajaran media online untuk pembelajaran jarak jauh dan penguatan microsoft office sebagai bahan evaluasi.

  

2. Build Dormitory System

Melalui program Build Dormitory System ini seluruh pembina asrama memahami peran dan fungsinya dengan baik, sehingga pembina asrama dapat bersinergi bersama untuk mewujudkan proses pendidikan dan pengasuhan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga dapat memberi arti tentang pengalaman hidup mandiri kepada santri.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ada 4 program training & workshop yang dilakukan oleh pembina asrama ,yaitu

-       Super Goal: Menyusun silabus kurikulum pembinaan santri berdasarkan visi misi pesantren

-       Super Team: Menyusun standar kompetensi, jobdesk dan juklak Harian

-       Super System: Menyusun manual kerja unit pengasuhan & Manual pogram

-       Super Ekosystem: Menyusun panduan matriks kedisiplinan

  

 

 

3. Great Teacher Create Future Leader

Training dan workshop ini memberikan kesempatan bagi guru-guru NFBS Lembang untuk meningkatan kualitas metode pembelajaran di kelas dengan tema classroom management, melalui training ini guru-guru diharapkan menjadi lebih kreatif dalam membuat metode-metode baru dalam mengajar disesuaikan dengan karakter pembelajarannya dan juga peserta didik. Outcome nya dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam kelas sehingga siswa terasa nyaman dan ilmu yang mereka peroleh akan mudah di terima, serta  memberikan pengalaman bermakna bagi para peserta didik.


 

 

4. Penyusunan KPI Berdampak

Training dan workshop Penyusunan KPI berdampak ini memberikan kesempatan kepada Peserta untuk mengetahui lebih dalam cara menyusun KPI dengan baik & benar yang disesuaikan dengan kaidah SMART. Melalui training ini juga dapat memperjelas target capaian lembaga dalam satu tahun ke depan yang diwakili oleh para pimpinan. Peserta di dalam agenda ini adalah seluruh pimpinan di tim Direktorat Pelayanan dan Pengembangan Lembaga serta tim Direktorat Akademik NFBS Lembang.



 

5. Service Excellent

Dalam suatu lembaga, membangun mentalitas dasar dan motivasi untuk lebih bersedia melayani seluruh civitas dengan pelayanan terbaik yaitu kepada peserta didik, calon peserta didik, antar SDM, tamu yang berkaitan atau berhubungan dengan kebutuhan lembaga, dll. Memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh civitas merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap pegawai dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Apabila didalam lembaga tersebut terdapat complain dari peserta didik, orang tua dan calon orang tua peserta didik, maka kita juga harus bisa mengubah komplain tersebut menjadi hal yang positif sehingga dapat menanganinya secara efektif. Jika tidak dilatih, maka hal demikian tentu akan sulit untuk diimplementasikan. Dengan begitu, dengan memahami teknik menghadapi pelanggan dan melaksanakan pelayanan prima, diharapkan pegawai mampu menerapkannya didalam kesehariannya dalam menjalankan amanahnya masing-masing agar terbangunnya citra lembaga yang baik.



6. Optimalisasi Microsoft Office

Tujuan diadakan nya Training dan workshop microsoft office ini adalah untuk memberikan ruang belajar kepada tim Departemen Pelayanan Umum dan Rumah Tangga  dalam pengembangan diri, peningkatan kompetensi, pengetahuan, skill dan perilaku kerja pegawai dengan optimalisasi penggunaan media komputer microsoft Office. Program training dan workshop ini diharapkan dapat membantu tim Departemen Pelayanan Umum dan Rumah Tangga untuk meningkatkan dan menunjang kualitas pekerjaan yang diamanahkannya khususnya dalam hal penyusunan database, analisis data dan pelaporan.


Demikianlah, sejumlah pelatihan yang telah diselenggarakan departemen HRD di bulan juli. Proses internalisasi dan evaluasi setelah kegiatan ini akan dilakukan di pekan-pekan berikutnya untuk melihat perubahan yang terjadi pasca training. Semoga hasil training yang di susun ini akan berdampak terhadap kualitas dan profesionalitas SDM dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada seluruh peserta didik Sekolah Madani Islam NFBSL Insya Allah….