Pendidikan Anak Dalam Islam

24 Oktober 2017 15:49 Di tulis oleh Admin Penelitian dan pengembangan Pendidikan Anak Dalam Islam

Anak adalah permata hati, labuhan jiwa dan harapan masa depan orang tuanya. Semua orang tua pastilah menginginkan anaknya sukses. Sukses yang dimaksud disini tentulah bukan hanya sukses dunia tapi juga sukses akhirat. Dalam konteks keduniaan bahwa kesolihan adalah suatu bekal untuk menuju kampung akhirat yang abadi. Orang tua juga pastilah menginginkan anaknya berhasil dalam studi belajarnya serta sukses dalam menjalani kehidupannya. Namun demikian apakah kita sebagai orang tua sudah mengetahui persisnya bagaimana jalan yang harus ditempuh untuk menjadikan kesuksesan hidup bagi anaknya.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim bahwasanya : " Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (Islam), maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan apakah ia sebagai seorang Yahudi, Kristen atau Majusi.

Oleh karenanya penting sekali dipahami oleh para orang tua tentang mendidikan anak dalam dalam Islam dimana konsep Pendidikan Anak tidak hanya mengedepankan perhatian yang mendalam bagi perkembangan jiwa/mental psikis anak tetapi juga pemantauan keimanan dan keislaman anak, kemudian diperhatikan pula kaidah-kaidah dasar dalam pendidikan anak seperti akidah, ruhiyah, etika sosial, hubungan antar lawan jenis, pendidikan intelektual serta pendidikan jasad atau fisik.