SEKOLAH ISLAM MADANI NURUL FIKRI BOARDING SCHOOL LEMBANG KEMBALI MENGADAKAN TRAINING ORIENTASI PEGAWAI BARU BATCH 3

25 Oktober 2021 08:48 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI SEKOLAH ISLAM MADANI NURUL FIKRI BOARDING SCHOOL LEMBANG KEMBALI MENGADAKAN TRAINING ORIENTASI PEGAWAI BARU BATCH 3

Oleh : Mohammad Robby Rodhiya

Lembang, 22 Oktober 2021 - Program orientasi pegawai baru pada umumya dilakukan pada saat seorang pegawai pertama kali memasuki sebuah lembaga/ perusahaan atau pada saat pegawai tersebut dipromosikan pada jabatan yang baru. Program ini biasanya dilaksanakan pasca kegiatan rekrutmen dan seleksi berakhir.

Perbulan Maret  hingga Bulan Oktober 2021, HRD Nurul Fikri Boarding School Lembang sudah melakukan rekrutmen dan seleksi calon pegawai untuk mengisi formasi disetiap bidang yang dibutuhkan. Ada sebanyak 17 pegawai baru yang mengikuti kegiatan orientasi guna dipersiapkan untuk menjalankan amanahnya pada formasi penting di Direktorat Akademik, dan Direktorat Pelayanan dan Pengembangan Lembaga.


Sehubungan dengan hal tersebut, Bidang Kinerja dan Pengembangan SDM, Departemen HRD Nurul Fikri Boarding School Lembang mengadakan Training Orientasi Pegawai Baru (TOP-B) Batch 3 kepada 17 pegawai baru NFBS Lembang pada hari Senin-Selasa, 11-12 Oktober 2021 bertempat di Mini Theater lantai 2 NFBS Lembang.

“Ada 3 hal yang paling penting ketika bekerja, yang pertama adalah komitmen tinggi, kedua yaitu loyalitas, dan yang terakhir adalah integritas. Ketika kita mampu mengerahkan seluruh tenaga demi tujuan lembaga, kemudian bangga dan senantiasa memandang lembaga secara positif disituasi apapun, serta membina hubungan yang baik terhadap seluruh pegawai dan selalu melakukan yang terbaik bagi lembaga, itu semua adalah bentuk komitmen kerja kita sebagai pegawai. Maka daripada itu, mari kita selalu menjaga nama baik lembaga dimananpun berada dan selalu disiplin pada diri sendiri dan pekerjaan” Direktur Pelayanan dan Pengembangan Lembaga NFBS Lembang, Ustadz Rahmat Wiyoga, S.E.

 

Tujuan diadakannya kegiatan TOP-B Batch 3 ini, selain agar pegawai baru tersebut mengetahui seluk-beluk secara mendalam mengenai kelembagaan, visi-misi, benefit dan juga aturan kepegawaian, tentunya agar para peserta juga mengetahui dan mengimpelementasikan Kompetensi Inti (core values) dan Budaya Organisasi yang ada di Nurul Fikri Boarding School Lembang.

“Core values Sekolah Madani Nurul Fikri Boarding School Lembang dikenal dengan nama C.I.T.A (Conceptual Thinking, Impact and Influence, Teamwork dan Achievment and Action). Ketika core values sudah menjadi pilar utama budaya organisasi, maka kita sebagai pegawai yang ada didalamnya akan mempersatukan cara kerja insan madani, untuk secara solid merealisasikan tujuan dan visi lembaga yang diperkuat dengan al-intima, al-indibath dan al-istiqomah” Manajer HRD NFBS Lembang, Ustadz Gugun Gunawan, Lc.


Pada kesempatan kali ini, Training Orientasi Pegawai Baru Batch 3 untuk pertama kalinya dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, yang dimana pada Batch 3 ini terdapat banyak penyegaran materi dan juga konten acara yang diperbarui dan hasil evaluasi kegiatan Training Orientasi Pegawai Baru Batch 1 dan Batch 2.

Salah satu peserta TOP-B Batch 3, Ustadzah Lina Alfiani, S.E., mengatakan bahwa “dari kegiatan TOP-B ini banyak sekali ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami sebagai SDM baru, khususnya dalam proses penyelarasan goals lembaga yang sesuai visi dan misi, budaya kerja, cara pandang SDM baru agar tidak memposisikan amanah yang baru ini sebagai tuntutan dari pekerjaan. Tetapi lebih daripada itu, menjadi bagian dari pelayanan yang diberikan kepada santri dengan penuh kesabaran, keikhlasan demi terbentuknya santri yang sholih, cerdas dan mampu memimpin” ujar beliau.

       

Pada hari pertama, para peserta TOP Batch 3 diberikan materi terkait Grand Design NFBSL, Komitmen dan Disiplin Tinggi Pegawai, Kompetensi Inti (cove values) dan Budaya Organisasi serta materi terkait Administrasi Kepegawaian. Kemudian pada hari kedua, kegiatan para peserta dimulai dengan diskusi yang spesifik mengenai studi kasus yang dibahas secara berkelompok dengan memberikan umpan balik yang positif, terbuka dan dengan memecahkan masalah secara bersama-sama.

Diakhir acara, para peserta dibekali materi khusus mengenai Paradigma Pejuang. Materi ini secara khusus diberikan kepada peserta TOP-B agar diingatkan kembali mengenai makna berjuang dan menjadi penjuang serta memahami arti makna itu sendiri dengan kontribusi.

“ada 4 alasan ketika kita memutuskan untuk bekerja. Yang pertama adalah karena uang. Ketika alasan kita bekerja karena uang, maka secara tidak langsung kita ingin bertahan hidup. Yang kedua adalah relationship. Ketika alasan kita bekerja karena suatu hubungan, maka kita sudah menemukan kenyamanan kita. Yang selanjutnya adalah karena adanya perkembangan. Ketika alasan kita bekerja karena merasa sedang bertumbuh, kita menganggapnya sebagai suatu kesuksesan. Dan yang terakhir adalah pelayanan. Ketika alasan kita bekerja karena ingin melayani, maka disitulah kita akan menemukan kebahagiaan hakiki yang dimana disanalah kita akan menyambut seruan Alloh bahwa Alloh tidak akan pernah menyia-nyiakan amalan seorang muslim sehingga kita akan selalu bersemangat untuk memberikan hal terbaik yang bisa kita lakukan” Kepala Bidang Kinerja dan Kepegawaian SDM, Ustadzah Nur Upik., S,Si.