SMP ISLAM NFBS LEMBANG MENGADAKAN PELATIHAN PENULISAN SOAL BERBASIS HOTS

26 November 2020 08:41 Di tulis oleh Admin KOLOM GURU SMP ISLAM NFBS LEMBANG MENGADAKAN PELATIHAN PENULISAN SOAL BERBASIS HOTS

Lembang – Dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik ke level yang lebih tinggi, SMP Islam NFBS Lembang melaksanakan Pelatihan Penulisan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang bertempat di Lab. Komputer Thalibah 2 SMPI NFBS Lembang pada hari Sabtu, 21 November 2020.

“Dengan high order thinking peserta didik akan dapat membedakan ide atau gagasan secara jelas, berargumen dengan baik, mampu memecahkan masalah, mampu mengkonstruksi penjelasan, mampu berhipotesis dan memahami hal-hal kompleks menjadi lebih jelas” Newman dan Wehlage dalam Widodo, 2013:162.

 



Acara pelatihan ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMPI NFBS Lembang, ust. Aris Firmansyah, S.E, beliau mengatakan bahwa dengan kemampuan guru-guru untuk membuat soal HOTS ini dampaknya adalah guru bisa memberikan latihan kepada peserta didiknya untuk meningkatkan daya berpikir dalam tingkat yang lebih tinggi (higher order thinking skills) . Kemampuan berpikir anak didik harus terus diasah. Pelatihan ini adalah salah satu tahapan untuk menciptakan peserta didik yang cerdas, memiliki keterampilan berpikir yang kreatif, inovatif, dan kritis.

“Terima kasih kepada pemateri dan ustadz-ustadzah semua, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan pelatihan dalam penyusunan soal  HOTS ini nantinya akan segera diaplikasikan dalam proses belajar mengajar di SMPI NFBS Lembang dan semoga dengan adanya kegiatan ini juga menjadi sarana ibadah kita kepada Allahharap beliau.

Pelatihan penulisan soal berbasis HOTS ini dilaksanakan dengan metode Syncronous yaitu metode komunikasi yang dilaksanakan dengan layanan daring melaui Zoom Meeting. Pada kegiatan pelatihan tersebut dilakukan proses pembelajaran, pelatihan dan diskusi secara langsung antara narasumber dan peserta pelatihan. Peserta pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru SMPI NFBS Lembang dengan mengundang DR. Wahyu Surakusumah, S.Si, MT, sebagai narasumber dalam pelatihan penulisan soal berbasis HOTS ini.

Penanggungjawab kegiatan pelatihan ini, ust. Falqi Annazmi Firdaus, S.E.I, mengatakan tujuan utama dari pelatihan penulisan soal berbasis HOTS ini adalah meningkatkan kreatifitas guru-guru SMPI NFBS Lembang dalam membuat soal berbasis HOTS agar mampu mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik pada level yang lebih tinggi.

 “Siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah tanpa adanya latihan berpikir tingkat tinggi, menyebabkan proses pembelajaran siswa tidak tercapai dengan sempurna. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah proses pembelajaran untuk mendukung siswa agar terbiasa berpikir tingkat tinggi. Instrumen tersebut berupa teknik pembelajaran dan tes yang dalam penyelesaiannya membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau yang lebih kita kenal dengan tes berbasis HOTS. Semua guru bisa menerapkan metode pembelajaran HOTS untuk proses PBM maupun evaluasi pembelajaran sebagai bagian dari pencapaian kompetensi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan inovatif,” ujar salah satu peserta pelatihan, ustadzah Popy Purnamila, S.Si.

 

(oleh Mohammad Robby Rodhiya)