The Miracle of Endorphin

06 November 2017 12:37 Di tulis oleh 2 Khazanah Islam The Miracle of Endorphin


DR. Shiego Haruyama dalam penelitiannya yang juga dibukukan lewat karya bukunya yaitu "The Miracle of Endorphin" menceritakan bahwa cara praktis bagaimana mencegah penyakit serta meningkatkan daya tahan tubuh secara alami lewat hormon beta-endorphin yaitu hormom kebahagiaan. DR. Siego Haruyama menyampaikan bagaimana memelihara kesehatan tubuh dengan cara memicu hormon ini agar meningkatkan sehingga mempengaruhi kondisi fisik tubuh dan kimiawi badan kita.

Dalam bukunya DR. Haruyama menyampaikan bahwa pencegahan penyakit adalah salah satu obat sesungguhnya, lalu pertanyaannya adalah bagaimana caranya ?. Dr. Haruyama menjelaskan bahwa pikiran kitalah yang menentukan apakah kita sehat atau sakit. Jika seseorang marah dan merasa tertekan, maka otaknya akan mengeluarkan noradrenalin yaitu suatu hormon racun. Hormon ini sangat sedikit diproduksi oleh otak namun jika kita terus-menerus tertekan atau marah-marah maka akan membuat tubuh kita menjadi sakit bahkan pikiran kita, sehingga menyebabkan cepat tua dan cepat meninggal.

Disisi lain ada hormon yang disebut sebagai beta-endorphin yaitu suatu hormon yang berkhasiat sebagai hormon kebahagiaan. Ketika seseorang merasa bahagia atau pikirannya positif atau penuh dengan suasana yang "happy" atau tidak sedih, maka hormon beta-endorphin inilah yang akan menyehatkan tubuh kita bahkan pikiran kita sehingga membuat body menjadi sehat. Bahkan efeknya adalah sikap dan perilaku kita juga menjadi sehat dalam artian pikiran akan selalu positif.

Abu Hurairah RA bahwasanya berkata Rasulullah SAW ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi SAW : "Berilah aku nasihat", kemudian beliau menjawab "Jangan Marah", kemudian beliau mengulanginya lagi dengan menjawan "Jangan Marah" (HR. Bukhari dan Muslim). Melihat dari hadits ini artinya adalah beliau (Rasulullah SAW) menyuruh agar kita menekan pikiran dan jiwa kita agar jangan marah melalu self-control yang ada dalam pikiran dan jiwa kita sehingga apabila kita sering marah-marah maka pikiran dan jiwa akan menjadi sakit karena hormon naroadrenalin yang ada di otak ini yang meskipun ia sedikit di produksi dalam otak tetapi karena sifatnya yang bersifat racun akan mempengaruhi efektif mempengaruhi otak dan jiwa kita sehingga kita akan menjadi sakit baik pikiran kita ataupun badan kita.

Sebaliknya jika kita dapat mengendalikan diri dengan tidak marah-marah melalu self-control yang ada dalam pikiran dan jiwa kita maka hormon beta-endorphin ini akan semakin efektif mempengarui kimiawi tubuh kita baik pikiran dan jiwa kita sehingga badan kita akan menjadi sehat dan kuat.

Wallahu'alam bishowab: Penulis (Asep Gunadi)