Verifikasi Pembelajaran Tatap Muka Oleh Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat

23 September 2020 02:09 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI Verifikasi Pembelajaran Tatap Muka Oleh Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat

Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat Lakukan Verifikasi Pembelajaran Tatap Muka di Nurul Fikri Boarding School Lembang

Lembang - Sejumlah persiapan untuk memulai kegiatan pembelajaran tatap muka sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, hal ini dilakukan sesuai dengan syarat dari pemerintah yang mengharuskan persiapan matang terkait protokol kesehatan untuk menjamin santri yang akan kembali ke pesantren agar terhindar dari penularan Covid-19.

Berdasarkan Kebijakan pemerintah mengenai pembelajaran tatap muka, sekolah atau pesantren harus memenuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan. Adapun persyaratan tersebut yakni mendapatakan izin dari pemerintah daerah atau kementrian Agama (untuk madrasah), satuan pendidikan sudah memenuhi semua daftar periksa dan siap melakukan pembelajaran tatap muka dan adanya persetujuan dari orang tua atau wali untuk pembelajaran tatap muka.

Rabu 9 September lalu, tim Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat yang diwakili oleh Bapak Nanang Saeful Anwar, S.Pd, M.Si selaku pengawas tingkat SMP dan Bapak Dr. H. Samid Rusmana, M.Pd. selaku Kasi Kurikulum tingkat SMP melakukan visitasi untuk memastikan kesiapan SMP Nurul Fikri Boarding School Lembang jika pembelajaran tatap muka dilakukan. Tim memeriksa kelengkapan administrasi sekolah juga pengecekan terhadap infrastruktur sekolah yang sesuai dengan potokol kesehatan, mulai dari tempat cuci tangan, penyediaan hand sinitizer, posisi duduk ruang belajar physical distancing, posisi kamar santri dan yang lainnya.

     



Bapak Nanang Saeful Anwar memberikan apresiasi kepada SMP Nurul Fikri Boarding School Lembang dengan mengajak kepada Orang Tua untuk membawa santri kembali ke pesantren dengan rasa aman.

“Luar biasa, ternyata di luar dugaan SMP Nurul Fikri Boarding School Lembang ini telah menyiapkan secara optimal terkait dengan prosedur untuk menjaga terjangkitnya atau merebaknya pandemik Covid-19 apabila kegiatan tatap muka dilaksanakan, kami bersama Bapak kasi kurikulim dari bidang SMP melaksanakan verifikasi ini dan beliau juga menyaksikan dengan benar tentang upaya yang sudah dilakukan SMP Nurul Fikri sehingga untuk memepertegas dan juga untuk memperjelas terutama kepada masyarakat dan orang tua silahkan kami persilahkan untuk membawa putra putrinya agar bisa kembali ke SMP Nurul Fikri dengan rasa aman” katanya.

Bapak Samid Rusmana pun menyampaikan bahwa SMP Nurul Fikri Boarding School Lembang sudah memnuhi syarat diadakannya pembel;ajaran tatap muka.

“Alhamdulillah secara garis besar secara keseluruhan bahwa SMP Nurul Fikri ini memenuhi untuk dilaksanakannya pembelajaran tatap muka secara langsung” pungkasnya.

Selang satu pekan kemudian tepat pada hari Selasa 15 September, Ibu Dra. Ester Miori Dewayani, M.M.Pd. selaku Kepala KCD Dinas Pendidikan Jawa Barat Wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kabuapten Cianjur melakukan verifikasi kesiapan SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang untuk pembelajaran tatap muka. Dalam visitasi tersebut Ibu Ester Miori Dewayani menyampaikan ucapan terimakasih kepada Yayasan Pendidikan Islam Madani Nurul Fikri Boarding School Lembang atas partisipasinya yang bergerak dalam bidang pendidikan di Jawa Barat karena sudah menunjukan kesungguhan dan tanggungjawabnya untuk bersama-sama  dengan pemerintah dalam hal layanan pendidikan untuk anak bangsa.


Ditulis oleh : Ustadzah Iim Koyimah, S.E