Energi Alternatif

14 Oktober 2017 19:38 Di tulis oleh Admin ACARA KAMI

kita semua mengetahui bahwa kita hidup di zaman kita dituntut untuk selalu cepat dalam urusan apapun. Kita membutuhkan sesuatu yang instant dan cepat. Karena itu kita boleh dikatakan sangat bergantung pada yang namanya BBM.

Apa itu BBM?BBM adalah singkatan dari Bahan Bakar Minyak, sumber energi yang paling banyak digunakan. BBM paling banyak digunakan di sektor transpormasi dan industri. Banyak bukan?

Karena bukan sumber energi yang bisa diperbaharui, maka kalau kita andaikan laju konsumsi BBM terus seperti ini, maka mungkin dalam kurun waktu 50-100 tahun lagi minyak bumi akan habis, jika tidak ditemukan ladang minyak bumi yang lain.

Bagaimana jika diganti dengan batu bakar? hasil dari pembakaran batu bakar akan menghasilkan gas sulfur dioksida yang jika bercampur dengan awan di atmosfer akan menghasilkan asam sulfat yang akan menurunkan hujan asam dan sangat berbahaya bagi lingkungan. Merusak citra alam dan bersifat korosif.

Solusinya? apalagi selain proaktif dalam menjaga lingkungan, seperti menggunakan kendaraan sehat anti polusi (sepeda, becak, dll), menanam pohon untuk mengurangi gas karbon dan tidak menggunakan bahan-bahan yang tidak bisa didaur ulang. Selain itu, kita juga bisa turut turun tangan dalam mengembangkan teknologi ramah lingkungan yang murah dan mudah. Karena tak masuk akal jika uang saku kita bisa membeli BMW i8. (Tim Jurnal SMP Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang)