Benchmark to Insan Cendikia Madani BSD Serpong

07 September 2022 08:45 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI Benchmark to Insan Cendikia Madani BSD Serpong

Ditulis Oleh : Miftahur Raudhah Yusra

Serpong, Tanggerang Selatan, 01 September 2022 – Utusan dari Departemen HRD dan Pembina Asrama SMP-SMA Sekolah Madani Nurul Fikri Boarding School Lembang (NFBSL) mengadakan kunjungan studi banding ke Sekolah Insan Cendikia Madani (ICM). Lokasi ICM bertempat di Jalan Ciater Gg H Amat, Serpong, Tangerang Selatan. Sekolah Insan Cendikia Madani berada dalam naungan Yayasan Edukasi Sejahtera yang berdiri sejak tahun 2010. Sekolah ICM terdiri dari tingkat Kelompok Bermain (playgroup), taman kanak-kanak dan Sekolah Dasar yang berbasis full day school serta Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas yang berbasis Boarding School.

            ICM memiliki visi yaitu To be the leading school which develops the students’ uniqueness to create leaders who possess Islamic character and take part to manifest civil society.

Dan untuk menyukseskan visi yang ada, Sekolah ICM memiliki beberapa misi yang terdiri dari To develop students with Islamic leader characteristics who can contribute to others and their society. To develop students who are able to read, memorize, understand, worship and behave according to the Qu'ran and Assunnah. To develop students who realize their potential and are able to exploit those potentials. To organize a global school that nurture students who think scientifically, creative, innovative and are problem solvers. To create an academic community as an embodiment (role-model) of a civil society.

ICM merupakan satu-satunya sekolah yang tergabung dalan Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) berbasis asrama, selain itu SMP-SMA ICM juga merupakan sekolah yang menggunakan kurikulum internasional yaitu Cambridge, sedangkan KB, TK dan SD ICM sedang proses untuk menjadi sekolah yang menggunakan kurikulum tersebut.

 

Dalam pertemuan tersebut, dari pihak ICM dihadiri oleh :

 1. Plt. Direktur Utama: Bapak Bambang Eko Nugroho

2. Direktur Kepengasuhan: Bapak Mohamad Husni

3. Direktur Operasional: Bapak Muhammad Ari Ramadhan

4. Kepala Unit HRD: Bapak Lili Yulhaedir

5. Kepala Bagian QA Tarbiyah: Ibu Tetra Nurtianty

6. Kepala Asrama Ikhwan: Bapak Arief Permana Shidiq

7. Kepala Asrama Akhwat: Ibu Yusniah

8. Kepala Unit Al Quran dan Bahasa Arab: Bapak Abdul Soleh

9. Staff QA Tarbiyah: Bapak Muhammad Rizqi Syihabuddien

10. Kepala Unit ICM Amanah : Ibu Suharni

11. Staff Humas: Ibu Nani Suliani

Bapak Mohamad Husni selaku Direktur Kepengasuhan mengatakan bahwa Direktorat Kepengasuhan memiliki beberapa Unit untuk mendukung dan menyukseskan misi dari ICM, yakni terdiri dari Al-qur’an and Arabic Unit, Dormitory Unit,  ICM Amanah Unit, Mosque Unit. Mendalami terkait Direktorat Kepengasuhan ini, adapun tugas pokok dan fungsinya sebagai berikut :

1.        Melakukan pembinaan keasramaan

2.      Melakukan pembinaan islami untuk siswa dan civitas

3.      Melakukan pembinaan tahsin dan tahfidz Al-Quran sesuai dengan kaidah Tajdwid untuk siswa dan civitas

4.      Melakukan pembinaan implementasi bahasa Arab dalam keseharian

5.      Mengoptimalkan Fungsi masjid sebagai pusat pembelajaran bagi internal ICM dan masyarakat

6.      Melakukan pembinaan empati dan kepedulian social

Pembina asrama di ICM tidak hanya mendampingi santri saat berada diasrama tetapi Pembina asrama memiliki 3 peran yaitu sebagai guru dirosat islamiyah, guru Al Qur’an, dan Pembina asrama. Maka dari itu pembina asrama di ICM wajib memiliki kompetensi seperti :

1.        Kemampuan berkomunikasi dengan jenjang umur yang sesuai dengan anak binaan

2.      Kemampuan ilmu agama yang memumpuni

3.      Mempu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkembangan anak usia remaja

4.      Mempunyai hafalan minimal 2 juz

5.      Aktif dalam berbahasa arab

6.      Dan beberapa kompetensi lainnya

Pembina asrama diharuskan untuk membuat dan memiliki rencana kerja pekanan (weekly plan) yang akan rutin dipantau oleh Kepala Unit nya, dengan adanya rencana kerja nya tersebut maka Pembina asrama ICM siap untuk menjalani hari dengan bekal yang dilalui tiap harinya.  

Jarak antara asrama akhwat dan masjid yang cukup jauh menjadi kendala disaat cuaca sedang hujan. Ketika hujan turun siswa akhwat melaksanakan ibadah sholat dikoridor asrama masing-masing. Proses belajar mengajar di ICM menggunakan device untuk meminimalisir penggunaan kertas. Device hanya digunakan pada saat jam belajar mengajar berlangsung. Fasilitas pendukung untuk memaksimalkan proses pembelajaran di ICM, area ICM memiliki akses WIFI kecuali di area asrama, karena area asrama merupakan tempat santri untuk beristirahat.

Selain itu, dari segi pengelolaan ke-SDM-an di Sekolah ICM, Direktur Operasional, Bapak Muhammad Ari Ramadhan, mengatakan bahwa secara umum penilaian kinerja pegawai Sekolah ICM terdiri dari 2 aspek, yaitu meliputi Kedisiplinan, Perilaku dan Peningkatan Keislaman, Kompetensi Hasil Kerja, dan Kemampunan Manajerial.

Sama seperti apa yang dilakukan oleh Departemen HRD NFBS Lembang, penilaian kinerja SDM NFBS Lembang juga terdiri dari 4 aspek, yaitu Mutaba’ah Yaumiah Enrichment, KPI, Core Value dan Budaya Organisasi CITA KITa, dan nilai kehadiran ontime.

Perjalanan kunjungan studi banding ke ICM merupakan pengalaman baru bagi utusan dari Departemen HRD dan Pembina Asrama Nurul Fikri Boarding School Lembang. Melihat sekolah lain dengan sudut pandang yang berbeda serta melakukan diskusi dan sesi sharing Bersama pihak ICM merupakan suatu hal yang sangat baik untuk mendapatkan insight yang bagus dari kedua belah pihak. Tentunya apa yang disampaikan dan didiskusikan bersama merupakan harapan besar dari pada pihak manajemen ICM Serpong - NFBS Lembang untuk kemajuan sekolah, siswa dan SDM yang menjadi tanggung jawabnya.

Hal baru yang bisa diterapkan khususnya sebagai Pembina asrama adalah membuat weekly plan. Dirasa butuh waktu lebih ketika Pembina asrama mendapat tanggung jawab untuk membersamai rata-rata 24 santri, tetapi rasanya dengan adanya weekly plan ini sangat membantu untuk bisa mengenal utuh santri yang menjadi tanggung jawab bersama. Selebihnya apa yang kami dapatkan dan terima dalam pertemuan beberapa waktu lalu, ini menjadi pengalaman berarti dan berharga untuk kami.


Syukron jazakumullah khair jaza kepada seluruh yang terlibat dalam program studi banding ini atas kesempatannya untuk belajar, semoga kedepannya agenda ini bisa dilakukan secara terus-menerus dan memberikan impact yang nyata kepada semuanya aamiin.

 

Penulis : Miftahur Raudhah Yusra

Editor : Mohammad Robby Rodhiya

Dokumentasi : Galuh Fergiyani

QA : Nur Upik