Ditulis Oleh : Miftahur Raudhah Yusra
Serpong,
Tanggerang Selatan, 01 September 2022 – Utusan dari Departemen HRD dan Pembina
Asrama SMP-SMA Sekolah Madani Nurul Fikri Boarding School Lembang (NFBSL)
mengadakan kunjungan studi banding ke Sekolah Insan Cendikia Madani (ICM).
Lokasi ICM bertempat di Jalan Ciater Gg H Amat, Serpong, Tangerang Selatan.
Sekolah Insan Cendikia Madani berada dalam naungan Yayasan Edukasi Sejahtera
yang berdiri sejak tahun 2010. Sekolah ICM terdiri dari tingkat Kelompok Bermain
(playgroup), taman kanak-kanak dan
Sekolah Dasar yang berbasis full day
school serta Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas yang
berbasis Boarding School.
ICM memiliki visi yaitu To be the leading school which develops the
students’ uniqueness to create leaders who possess Islamic character and take
part to manifest civil society.
Dan untuk menyukseskan visi yang ada, Sekolah ICM memiliki beberapa
misi yang terdiri dari To develop
students with Islamic leader characteristics who can contribute to others and
their society. To develop students who are able to read, memorize, understand,
worship and behave according to the Qu'ran and Assunnah. To develop students
who realize their potential and are able to exploit those potentials. To
organize a global school that nurture students who think scientifically,
creative, innovative and are problem solvers. To create an academic community
as an embodiment (role-model) of a civil society.
ICM merupakan satu-satunya sekolah yang tergabung dalan Satuan
Pendidikan Kerjasama (SPK) berbasis asrama, selain itu SMP-SMA ICM juga
merupakan sekolah yang menggunakan kurikulum internasional yaitu Cambridge,
sedangkan KB, TK dan SD ICM sedang proses untuk menjadi sekolah yang
menggunakan kurikulum tersebut.
Dalam
pertemuan tersebut, dari pihak ICM dihadiri oleh :
1. Plt. Direktur Utama: Bapak Bambang Eko
Nugroho
2.
Direktur Kepengasuhan: Bapak Mohamad Husni
3.
Direktur Operasional: Bapak Muhammad Ari Ramadhan
4.
Kepala Unit HRD: Bapak Lili Yulhaedir
5.
Kepala Bagian QA Tarbiyah: Ibu Tetra Nurtianty
6.
Kepala Asrama Ikhwan: Bapak Arief Permana Shidiq
7.
Kepala Asrama Akhwat: Ibu Yusniah
8.
Kepala Unit Al Quran dan Bahasa Arab: Bapak Abdul Soleh
9.
Staff QA Tarbiyah: Bapak Muhammad Rizqi Syihabuddien
10.
Kepala Unit ICM Amanah : Ibu Suharni
11. Staff Humas: Ibu Nani Suliani
Bapak
Mohamad Husni selaku Direktur Kepengasuhan mengatakan bahwa Direktorat
Kepengasuhan memiliki beberapa Unit untuk mendukung dan menyukseskan misi dari
ICM, yakni terdiri dari Al-qur’an and
Arabic Unit, Dormitory Unit, ICM Amanah
Unit, Mosque Unit. Mendalami terkait Direktorat Kepengasuhan ini, adapun
tugas pokok dan fungsinya sebagai berikut :
1.
Melakukan
pembinaan keasramaan
2. Melakukan pembinaan islami untuk siswa dan civitas
3. Melakukan pembinaan tahsin dan tahfidz Al-Quran sesuai
dengan kaidah Tajdwid untuk siswa dan civitas
4. Melakukan pembinaan implementasi bahasa Arab dalam
keseharian
5. Mengoptimalkan Fungsi masjid sebagai pusat pembelajaran
bagi internal ICM dan masyarakat
6. Melakukan pembinaan empati dan kepedulian social
Pembina asrama di ICM tidak hanya mendampingi santri saat berada
diasrama tetapi Pembina asrama memiliki 3 peran yaitu sebagai guru dirosat
islamiyah, guru Al Qur’an, dan Pembina asrama. Maka dari itu pembina asrama di
ICM wajib memiliki kompetensi seperti :
1.
Kemampuan
berkomunikasi dengan jenjang umur yang sesuai dengan anak binaan
2. Kemampuan ilmu agama yang memumpuni
3. Mempu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perkembangan anak usia remaja
4. Mempunyai hafalan minimal 2 juz
5. Aktif dalam berbahasa arab
6. Dan beberapa kompetensi lainnya
Pembina asrama diharuskan untuk membuat dan memiliki rencana kerja
pekanan (weekly plan) yang akan rutin
dipantau oleh Kepala Unit nya, dengan adanya rencana kerja nya tersebut maka
Pembina asrama ICM siap untuk menjalani hari dengan bekal yang dilalui tiap
harinya.
Jarak antara asrama akhwat dan masjid yang cukup jauh menjadi kendala
disaat cuaca sedang hujan. Ketika hujan turun siswa akhwat melaksanakan ibadah
sholat dikoridor asrama masing-masing. Proses belajar mengajar di ICM
menggunakan device untuk
meminimalisir penggunaan kertas. Device hanya
digunakan pada saat jam belajar mengajar berlangsung. Fasilitas pendukung untuk
memaksimalkan proses pembelajaran di ICM, area ICM memiliki akses WIFI kecuali
di area asrama, karena area asrama merupakan tempat santri untuk beristirahat.
Selain itu, dari segi pengelolaan ke-SDM-an di Sekolah ICM, Direktur
Operasional, Bapak Muhammad Ari Ramadhan, mengatakan bahwa secara umum
penilaian kinerja pegawai Sekolah ICM terdiri dari 2 aspek, yaitu meliputi
Kedisiplinan, Perilaku dan Peningkatan Keislaman, Kompetensi Hasil Kerja, dan
Kemampunan Manajerial.
Sama seperti apa yang dilakukan oleh Departemen HRD NFBS Lembang,
penilaian kinerja SDM NFBS Lembang juga terdiri dari 4 aspek, yaitu Mutaba’ah Yaumiah Enrichment, KPI, Core
Value dan Budaya Organisasi CITA KITa, dan nilai kehadiran ontime.
Perjalanan kunjungan studi banding ke ICM merupakan pengalaman baru bagi
utusan dari Departemen HRD dan Pembina Asrama Nurul Fikri Boarding School
Lembang. Melihat sekolah lain dengan sudut pandang yang berbeda serta melakukan
diskusi dan sesi sharing Bersama pihak ICM merupakan suatu hal yang sangat baik
untuk mendapatkan insight yang bagus dari kedua belah pihak. Tentunya apa yang
disampaikan dan didiskusikan bersama merupakan harapan besar dari pada pihak
manajemen ICM Serpong - NFBS Lembang untuk kemajuan sekolah, siswa dan SDM yang
menjadi tanggung jawabnya.
Hal baru yang bisa diterapkan khususnya sebagai Pembina asrama adalah membuat weekly plan. Dirasa butuh waktu lebih ketika Pembina asrama mendapat tanggung jawab untuk membersamai rata-rata 24 santri, tetapi rasanya dengan adanya weekly plan ini sangat membantu untuk bisa mengenal utuh santri yang menjadi tanggung jawab bersama. Selebihnya apa yang kami dapatkan dan terima dalam pertemuan beberapa waktu lalu, ini menjadi pengalaman berarti dan berharga untuk kami.
Syukron jazakumullah khair jaza kepada seluruh yang terlibat dalam
program studi banding ini atas kesempatannya untuk belajar, semoga kedepannya
agenda ini bisa dilakukan secara terus-menerus dan memberikan impact yang nyata kepada semuanya aamiin.
Penulis : Miftahur
Raudhah Yusra
Editor : Mohammad Robby
Rodhiya
Dokumentasi : Galuh Fergiyani
QA : Nur Upik