LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SMP NFBSL

07 November 2022 09:37 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SMP NFBSL

"With Growth Comes Responsibility"

Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang – Pada hari Selasa-Rabu, 25-26 Oktober 2022 SMP Nurul Fikri Boarding School Lembang melaksanakan kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Santri). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri kelas VII baik tholib maupun tholibah. Kegiatan yang diawali dengan apel pembukaan ini dilakukan secara terpisah antara tholib dan tholibah. Pada hari pertama kegiatan LDKS yaitu Selasa, 25 Oktober 2022, kegiatan diisi oleh pemberian materi kepada santri. Tujuan dengan pemberian materi ini diharapkan dapat melahirkan pemimpin yang memiliki landasan yang kuat dan lekat dengan profil pelajar pancasila.

Materi pertama, disampaikan oleh Ust. Awaluddinm, Al Hafidz, yakni tentang syahadatain. Dilanjut oleh Ust. Aris Firmansyah, SE tentang 10 Muwashafat dan terakhir ditutup oleh materi tentang Pelajar Pancasila yang diberikan oleh Bapak Drs. Rondang Okinda. Selain materi yang diberikan oleh, Bapak Drs. Rondang Okinda mengajak para santri untuk mengikuti beberapa games yang terbagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama games tentang bernalar kritis yang merupakan salah satu dari profil pelajar Pancasila dimana santri diberikan permasalahan mengenai banyaknya sampah yang memenuhi lautan dan diminta untuk berdiskusi secara kelompok mencari solusi untuk permasalahan yang ditampilkan. Games sesi ke-2 berkaitan dengan gotong royong yakni santri diminta untuk membawa bola secara berkelompok dari satu titik ke titik yang lain. Terakhir, games ke-3 tentang kreatifitas, dimana santri secara berkelompok membuat rumah impian dengan menggunakan alat dan bahan sederhana selama 10 menit.


Pada hari ke-2 kegiatan LDKS ini diawali dengan kegiatan tracking dipandu oleh ustadz dan  ustadzah tim kesiswaan dan best OSIS kelas VIII. Selesai kegiatan tracking, peserta diarahkan untuk mengikuti games per-pos. Siang harinya, peserta, panitia, ustadz dan ustadzah makan siang bersama secara terpisah baik tholib dan tholibah. Kemudian dilanjutkan dengan games kebersamaan, dan musyawarah mufakat untuk memilih ketua angkatan kelas VII tholib dan tholibah serta menentukan nama angkatan.


Alhamdulillah kegiatan LDKS hari pertama dan kedua ditutup dengan banyak sekali insight yang didapatkan oleh peserta LDKS.

Tujuan diadakannya kegiatan LDKS ini sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “With Growth Comes Responsibility” dimana saat meningkatnya kualitas diri kita maka datanglah kewajiban-kewajiban dan tanggung jawab yang harus dipikul dengan penuh amanah. LDKS ini selain menjadi salah satu program leadership Bidang Kesiswaan, juga sebagai sarana bagi santri untuk melatih dan meningkatkan skill kepemimpinan dan juga meningkatkan kebersamaan untuk saling membantu dalam kebaikan.