PERINGATAN HARI BESAR ISLAM ISRA MI’RAJ

23 Februari 2023 08:50 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI PERINGATAN HARI BESAR ISLAM ISRA MI’RAJ

“Isra Miraj 2023 sebagai Momentum Refleksi Diri Agar Menjadi Hamba Allah SWT yang Bertaqwa

Ditulis Oleh: Siti Muna

LembangPeringatan Isra Miraj jatuh pada tanggal 27 Rajab 1444, yang tahun ini bertepatan pada tanggal 18 Februari 2023. Secara etimologi, Isra Miraj berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata, yakni “Isra” yang berarti perjalanan di malam hari, dan “Miraj” yang berarti kenaikan. Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Mesjid Al Aqsa di Yerusalem. Kemudian Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langin ke tujuh atau ke Sidratul Muntaha.

Peristiwa ini pun tertuang dalam QS Al Isra, pada ayat pertama dijelaskan bagaimana perjalanan Nabi Muhammad SAW “Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat”.

Isra Mi’raj terdiri dari dua bagian perjalanan Nabi Muhammad SAW.

Peristiwa Isra

Peristiwa Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Kabah di Mekkah ke Mesjid Al Aqsa di Yerusalem. Jika ditempuh dengan menggunakan kuda atau unta perjalanan bisa sampai satu bulan lamanya, namun pada peristiwa Isra ini, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan hanya semalam dengan dibantu oleh Buraq. Buraq digambarkan memiliki tubuh seperti kuda berwarna putih yang memiliki sayap dan ekor seperti burung merak. Sesampainya di Mesjid Al Aqsa Nabi Muhammad SAW dikisahkan memimpin para Nabi terdahulu untuk melaksanakan ibadah shalat dua rakaat.

 

Peristiwa Miraj

Miraj adalah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mesjid Al Aqsa di Yerusalem menuju ke langit ke tujuh atau Sidratul Muntaha. Pada setiap langit, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan nabi-nabi terdahulu, langit pertama Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi Adam, langit kedua bertemu dengan Nabi Isa dan Nabi Yahya, langit ketiga bertemu dengan Nabi Yusuf, langit keempat bertemu dengan Nabi Idris, langit kelima bertemu dengan Nabi Harun, langit keenam bertemu dengan Nabi Musa, dan langit ketujuh bertemu dengan Nabi Ibrahim.

Pada perjalanan tersebut, Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah agar umat Islam menunaikan shalat lima waktu dalam sehari. Walaupun pada awalnya, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah shalat sebanyak 50 kali dalam semalam. Namun, Nabi Muhammad diingatkan oleh Nabi Musa, bahwa 50 kali dalam sehari akan menyulitkan kaum Nabi Muhammad SAW. Hingga akhirnya Nabi Muhammad SAW meminta keringanan kepada Allah SWT melalui malaikat Jibril. Lalu Allah SWT memberikan keringanan yakni menjadi 10 waktu shalat dalam sehari. Namun hal ini pun masih dianggap cukup sulit, Nabi Muhammad SAW meminta keringanan kembali kepada Allah SWT, dan memperoleh ketentuan shalat 5 kali dalam sehari.

Hingga Nabi Muhammad SAW kembali ke Mekka, beliau menceritakan peristiwa tersebut. Tentu saja banyak sekali warga Mekkah yang tidak mempercayai cerita Nabi Muhammad SAW, bahkan beliau memberikan bukti dengan memberitahukan akan datang sekelompok musafir yang melakukan perjalanan dan sebentar lagi akan tiba di Mekkah.

Peringatan Isra Miraj di Pondok Pesantren Nurul Fikri Boarding School Lembang

Sampai saat ini peristiwa Isra Miraj menjadi peringatan hari besar bagi umat Islam. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa ini. Untuk menjadikan kisah ini menjadi tauladan dan menjadikan diri manusia untuk terus bertaqwa kepada Allah SWT, Bidang BPS (Bina Pribadi Santri) Nurul Fikri Boarding School Lembang, mengadakan kajian Islam yang bertemakan “Isra Miraj 2023 sebagai Momentum Refleksi Diri Agar Menjadi Hamba Allah SWT yang Bertaqwa”. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh santri SMA baik tholib maupun tholibah ini dilaksanakan didua lokasi yang berbeda, untuk tholib dilaksanakan di Masjid Sholahuddin Al Ayyubi dan untuk tholibah dilaksanakan di Mushola Utrujjah. Pemateri yang mengisi kegiatan ini adalah Syekh Abdurrahman untuk santri tholib dan Syekhoh Sumayyah untuk santri tholibah.


Point Penting Kajian PHBI Isra Miraj

1.               Disetiap kesusahan pasti ada kemudahan, dan oleh-oleh terindah dan termulya dari sejarah isra dan mi'raj adalah shalat lima waktu. Jagalah shalatmu, karena ia adalah hadiah terindah dari Tuhan mu, pembeda muslim dan non-muslim dan hal yang akan menentukan alam kubur mu, jika shalat mu baik maka baiklah yang lainnya dan sebaliknya

2.             Islam dan kaum muslimin sekarang akan menjadi kaum pemenang, jika mempraktekkan kegemilangan kaum muslimin terdahulunya, dan kunci kesuksesan yang tak kan lekang oleh waktu dan zaman adalah akhalkul karimah. Akhlak adalah mutiara yang mem-branding jati diri sejati. Bukan fake atau sekedar halu supaya diri terkenal dan berpengaruh, tetapi akhlakul karimah lah kuncinya.

3.             Kunci dalam menjalani shalat dan berakhlaq adalah sabar. Sabar membingkai jati diri, mengurai yang susah menjadi mudah karena penuh ketenangan diri, nyali sabar membuat endurance kita membumbung tinggi menjadi insan sejati.

4.             Isra dan mi'raj kejadian bersejarah untuk terus mengenang pembelaan kita terhadap masjid Al Aqsha, membelanya dengan sekemampuan diri, gerakan edukasi, penyadaran diri, bahan untuk diskusi dan tema obrolan baik di dunia nyata ataupun dunia maya, merupakan ikhtiar manusiawi untuk pembelaan masjid Al Aqsha Al Mubarok.

Semoga dengan diadakannya kegiatan untuk memperingati Isra Miraj ini bisa menjadikan kita dan santri-santri Nurul Fikri Boarding School Lembang khususnya, dapat menjadi insan yang selalu bertaqwa, sabar, serta berakhlakul kharimah. Barakallah Fiikum.