SEMARAK IDUL ADHA DI PONDOK PESANTREN NURUL FIKRI BOARDING SCHOOL LEMBANG

30 Juli 2022 10:15 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI SEMARAK IDUL ADHA DI PONDOK PESANTREN NURUL FIKRI BOARDING SCHOOL LEMBANG

SEMARAK IDUL ADHA DI PONDOK PESANTREN NURUL FIKRI

BOARDING SCHOOL LEMBANG


Ditulis Oleh : Siti Muna


Idul Adha 1443 H yang jatuh pada hari Ahad, 10 Juli 2022/10 Dzulhijjah 1443 H menjadi sebuah moment yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Idul Adha yang dirayakan oleh umat muslim diwujudkan dengan penyembelihan hewan qurabn yang dilakukan setelah melaksanakan sholat sunnah idul adha dan dua khutbah. Idul Adha berawal dari ketabahan seorang ayah terhadap anaknya, seperti yang tertuang dalam kisah Nabi Ibrahim as dan putranya Nabi Ismail as yang menjalankan perintah Allah SWT untuk menyembelih putranya, yaitu Ismail as. Seperti yang tertuang dalam QS: As Saffat : 102 yang artinya :

“Ketika anak itu sampai pada (umur) ia sanggup bekerja bersamanya, ia (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Pikirkanlah apa pendapatmu?”Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintakan (Allah) kepadamu ! Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk oarang-orang yang sabar.”

Kedua bersabar dan tetap berserah diri kepada Allah, sehingga pada saat keduanya hendak melaksanakan perintah Allah, Allah SWT menggantikan Nabi Islamil dengan seekor hewan sembelihan yang besar. Pada saat itu, Allah SWT tunjukan kekuasaannya dihadapan Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as.

Semarak Idul Adha 1443 H pun terlaksana di Pondok Pesantren Nurul Fikri Boarding School Lembang. Pada hari Ahad, 10 Juli 2022 sudah banyak jamaah sholat Idul Adha yang memenuhi lapangan futsal di area pesantren tholib. Pihak Nurul Fikri pun turut mengundang orang tua santri untuk melaksanakan sholat Idul Adha bersama. Pelaksanaan sholat Idul Adha dimulai pukul 06.30 Wib dengan imam sholat idul adha yaitu Fahren Assaibani Suhandi santri tholib kelas 11 IPS 1 dan khatib Idul Adha yaitu Muhammad Almer Arkana santri tholib kelas 12 IPA 2.


Setelah melaksanakan sholat idul adha berjamaah, prosesi pemotongan hewan qurban dijadwalkan pada pukul 08.30 Wib, bertempatkan dilapangan atletik area tholib. Prosesi pemotongan hewan qurban ini pun disaksikan juga oleh orang tua santri sebagai ahlul qurban. Jumlah hewan qurban yang disembelih yaitu 40 ekor sapi, dengan 38 ekor sapi yang didistribusikan.


Proses pemotongan, pencacahan, penimbangan dan membungkus daging qurban,  dilaksanakan di NF oleh seluruh SDM Nurul Fikri. Sedangkan untuk pendistribusian ke RW tetangga, dibantu oleh beberapa santri tholib dan tholibah. Pendistribusian daging dilakukan ke SDM Sekolah Madani NFBSL, warga Desa Cibodas yang terdiri dari 17 RW, Yayasan Madani, Instansi Pendidikan di Cibodas, Desa tetangga seperti Desa Suntenjaya, Desa Maribaya, Desa Wangunharja dan Desa Cikidang, serta external lainnya denagn total daging yang terdistribusikan yaitu 14.257 bungkus daging qurban.