SEMINAR MOTIVASI “Prospek dan Proyeksi Kampus Timur Tengah”

09 Maret 2023 07:59 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI SEMINAR MOTIVASI “Prospek dan Proyeksi Kampus Timur Tengah”

Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sudah menjadi cita-cita setiap orang. Mempersiapkan pendidikan memang harus dipersiapkan sejak siswa baru pertama menginjak Pendidikan Menengah Atas. Salah satu program unggulan di Nurul Fikri Boarding School Lembang adalah Program Ekskul Persiapan Kampus Timur Tengah. Program ini merupakan permintaan orang tua santri yang ingin putra-putrinya melanjutkan pendidikan/kuliah di kampus-kampus luar negeri seperti Eropa, Amerika, Asia dan Timur Tengah. Setelah riset dan follow up secara kelembagaan kampus di Timur Tengah banyak diminati baik oleh santri maupun oleh orang tua santri. Sedangkan, beberapa santri yang memilih selain Timur Tengah diusahakan secara personal.

Dalam memfasilitasi kebutuhan tersebut, Bidang Pembinaan Santri mengadakan kegiatan Prospek dan Proyeksi Kampus Timur Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 24 Februari 2023 pada pukul 19.00-21.00 WIB atau 15.00-17.00 WAS, bertempatkaan di Mini Teater Tholib dengan sistem hybrid sincronous (online – offline Live Streaming Youtuber). Kegiatan motivasi ini di isi oleh Ustadz Badrus Sholeh., Ph.D., beliau adalah Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Menlu KBRI Riyadh, KSA.

Nurul Fikri Boarding School Lembang memilih kampus-kampus di Negara Timur Tengah karena dirasa dapat menyuguhkan kualitas pendidikan dengan level kampus yang bagus di mata dunia, dan juga beasiswa yang sangat berlimpah menjadikan Timur Tengah menjadi pilihan dan peluang yang sangat bagus bagi masa prospek dan proyeksi masa depan para alumni SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang.

Alhamdulillah.. sudah tersebar ke beberapa kampus timur tengah sedari 4 tahun lalu, Turkey, Jordan, Mesir, Yaman dan belum ada yang tembus ke Arab Saudi, Qatar dan Uni Emirate yang juga punya peluang yang sama” papar Ustadz Muchtar.

Kampus-kampus di Negara Timur Tengah yang sudah kerjasama secara kelembagaan terbangun ke Turkey yaitu Sabbahitin Zaim University, Jordania yaitu Jordan University dan WISE University. “Sedangkan yang lain baru secara personal masuk ke kampus-kampus Mesir, Yaman, dan Madinah” ujar Ustadz Muchtar kembali.

Kampus-kampus di Saudi Arabia dengan potensi negara yang bagus dan saat ini Alhamdulillah kami terhubung langsung dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (KBRI) Riyadh, membuka kerjasama secara kelembagaan dengan SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang dalam akses ke kampus-kampus yang ada di Saudi Arabia, short course, praktek kerja dakwah dan research merupakan tawaran kerjasama yang luar biasa bagi masa depan pengembangan alumni dan lembaga.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi ilmu di kampus Timur Tengah, memberikan gambaran proyeksi kuliah dan alumni di era 4.0, membedah prospek dan proyeksi Kampus Timur Tengah (khususnya di KSA) jalur beasiswa dan reguler, serta diskusi jalur kuliah kampus Timur Tengah. Jalur masuk kampus bukan hanya untuk Fakultas Syari’ah, Ushuluddin, Dakwah, Psikologi dan Ekonomi saja, tetapi juga untuk bidang Sains, Teknik, Bio Teknologi, Kedokteran, Pertanian, Ilmu Komputer dan Teknologi, Hukum dan bidang lain yang bahasa pengantarnya yaitu Bahasa Inggris, dengan kualitas kampus masuk big five  di kawasan dan dunia.