UJIAN KENAIKAN SABUK KARATE SANTRI NFBS LEMBANG

09 Februari 2023 17:09 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI UJIAN KENAIKAN SABUK KARATE SANTRI NFBS LEMBANG

“MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELA DIRI SANTRI”

Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang – Karate adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Seni bela diri ini pertama kali disebut “Tote” yang berarti seperti “Tinju China”. Seni bela diri ini saat ini sudah mulai berkembang di Indonesia, menjadi kegiatan ekstrakulikuler yang banyak diminati oleh anak-anak di beberapa sekolah, mulai dari tingkat dasar, menengah, atas, bahkan perguruan tinggi.

Seni bela diri karate ini pun menjadi salah satu ekstrakulikuler yang cukup banyak diminati oeleh santri di Nurul Fikri Boarding School Lembang. Bela diri karate ini menjadi salah satu ekstrakulikuler pilihan yang ada di Nurul Fikri Boarding School Lembang. Demi meningkatkan kemampuan atau skill dari peserta didik yang mengikuti bela diri ini, pada hari Sabtu, 28 Januari 2023 telah berlangsung ujian kenaikan sabuk karate di Gedung Serba Guna Tholib. Kegiatan ujian ini dilaksanakan oleh 8 orang santri tholib dan 3 orang santri tholibah dan 2 asatidz. Ujian kenaikan sabuk karate ini di uji langsung oleh Sensei Yuyun Kusmana dan Senpai Joko Susetyo.


Ada beberapa hal yang menjadi kriteria penilaian ujian yaitu kihon, kata dan jiyu ipon kumite. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ujian kenaikan sabuk karate ini adalah untuk meningkatkan kemampuan beladiri santri atau peserta didik, melatih jiwa peserta didik, membumikan beladiri di Nurul Fikri Boarding School Lembang, dan meningkatkan prestasi peserta didik.