SEMINAR REMAJA SMP ISLAM NFBS LEMBANG

09 November 2017 21:12 Di tulis oleh Admin ACARA KAMI SEMINAR REMAJA SMP ISLAM NFBS LEMBANG

Adalah ketika anak-anak (santri Tholib dan Tholibah SMP) mencapai masa pubertas, maka mereka mulai memiliki tanggung jawab sendiri atas segala tindakan mereka di hadapan Allah SWT. Hal ini juga menjadi tanggung jawab bagi para orangtua, baik orangtua biologis (ayah dan ibu) atau orangtua ideologis (guru-guru) untuk menyampaikan pesan tersebut kepada mereka.


Orangtua harus menginformasikan anak laki-laki yang menginjak remaja bahwa ketika pertama kali mereka memasuki masa puber (ditandai dengan ‘mimpi basah’), maka mereka menjadi bertanggungjawab atas segala tindakan mereka di hadapan Allah. Dan mereka pun dibebani sejumlah ritual ibadah seperti yang dilakukan para muslim dewasa lainnya.

 

Pun demikian, ketika anak-anak gadis mulai masuk masa puber (ditandai dengan menstruasi), mereka harus diberitahu bahwa mereka bertanggungjawab atas segenap tindakan mereka di hadapan Allah. Konsekuensinya, segala ritual ibadah yang diwajibkan kepada para muslimah lainnya pun menjadi wajib atas mereka.


 

 

Sebagai bagian dari pembinaan kepada para santri khususnya santri SMP Nurul Fikri Boarding School Lembang, Alhamdulillah telah dilaksanakan “Seminar Remaja” dalam menghadapi masa pubertas dengan tema “"Beradaptasi dengan Masa Puber; Kesehatan, Psikologi & Sudut pandang Tarbawi"

 

Acara tersebut dilaksanakan di gedung Mini Teater NFBS Lembang pada hari Kamis, 9 November 2017 dari pukul 09.00 hingga 11.30 WIB dan dihari oleh santri tholib / tholibah kelas 7 dan 9, serta para ustadz dan ustadzah sebagai pendamping para santri.

 

 


Dengan menghadirkan para pemateri yang ahli dalam bidangnya yaitu Ust. Muhammad Hamdi, P.Si (aspek Psikologi), Ust. Darlis Fajar (aspek Tarbawi) dam Tim dari PT. Kao Indonesia (aspek Kesehatan), menjadikan acara tersebut begitu menyenangkan bagi para peserta yang hadir.


 

 

Semoga dengan acara tersebut para santri lebih faham dan mengerti tentang tanggung jawab yang dibebankan kepada mereka setelah memasuki masa pubertas, baik tanggung jawab kepada kehidupannya sendiri maupun tanggung jawab kepada Allah SWT.

Aamiin..