INSAN MADANI AWARD 2022

26 Juli 2022 10:16 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI INSAN MADANI AWARD 2022

INSAN MADANI AWARD 2022

Ditulis Oleh : Moh. Robby Rodhiya

HRD Nurul Fikri Boarding School Lembang mengadakan Insan Madani Award 2022 di area Tholib dan GSG KH. Hilmi Aminuddin pada Hari Sabtu-Minggu, 25-26 Juni 2022 kemarin. Agenda ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali dan dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Agenda Insan Madani Award ini diikuti oleh seluruh SDM Inti Nurul Fikri Boarding School Lembang mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan.  


Insan Madani Award 2022 terdiri dari 4 agenda, yaitu Kuis Core Values dan Budaya Lembaga CITA KITa, kedua adalah agenda outdoor activities, selanjutnya adalah agenda training motivasi, dan yang terakhir merupakan acara inti dari agenda perhelatan ini, yaitu pengumuman reward SDM.  

Pada hari pertama disesi pagi, acara dibuka dengan Apel yang diikuti oleh seluruh SDM diarea Masjid Sholahuddin kemudian dilanjutkan dengan pengisian kuis terkait Core Values dan Budaya Lembaga CITA KITa di GSG KH. Hilmi Aminuddin, dan dilanjutkan dengan agenda outdoor activities.

Yang bertugas menjadi pembina apel dan sekaligus membuka acara Insan Madani Award 2022 kali ini adalah Direktur Pelayanan dan Pengembangan Lembaga, Ustadz Rahmat Wiyoga., S.E. Beliau menyampaikan bahwa Implementasi core values dan budaya lembaga CITA KITa di Nurul Fikri Boarding School Lembang adalah bagian dari kegiatan sehari-hari yang tak terpisahkan. Nilai-nilai CITA KITa menyatu dan hidup dalam diri setiap Insan Madani Nurul Fikri Boarding School Lembang.”


Setelah apel pagi dilaksanakan, para peserta selanjutnya diarahkan untuk mengikuti kuis CITA KITa melalui platform Quizizz. Tujuan diadakannya kuis mengenai Core Values dan Budaya Lembaga CITA KITa tersebut untuk memperkuat kembali pemahaman nilai-nilai inti lembaga dengan soal-soal studi kasus yang telah diberikan.


Setelah kuis dilaksanakan, agenda selanjutnya adalah para peserta mengikuti kegiatan outdoor activities. Kegiatan outdoor ini terdiri dari perlombaan sarung, panjang-panjangan, memasukkan bola kewadah kecil, pindah-pindahan dan kuis cepat tepat. Setiap kelompok yang sudah menyelesaikan permainan tersebut akan dihadapkan dengan permainan olah otak yang dimana para peserta harus bisa menebak teka-teki dari soal yang diberikan sebagai syarat untuk menuju ke pos selanjutnya.


Masih dihari pertama pada sesi siang, peserta mendapatkan materi Training Motivasi dengan tema Finding Inner Peace dari salah satu trainer PPA (Pola Pertolongan Allah) Institute. Pengisi materi Seminar Motivasi pada sesi siang kali ini yaitu Ustadz Sonny Abi Kim, beliau adalah seorang Master trainer PPA Institute yang memberikan materi berisi tentang pemahaman tauhid aplikatif. Beliau merupakan salah satu pendiri PPA Institute. Memiliki karakter retorika yang dianggap baik saat berdakwah.


Link agenda Training Motivasi dengan tema Finding Inner Peace -  Ustadz Sonny Abi Kim :

   

Pada hari kedua agenda Insan Madani Award, acara dilaksanakan di GSG KH. Hilmi Aminuddin yang dimulai dengan tampilan cuplikan agenda Orientasi Pejuang Peradaban Madani (OPPM) tahun 2020 dan 2021. Dihari kedua inilah acara inti dari Insan Madani Award 2022 dimulai, yaitu pembagian rewards kepada SDM dengan kategori-kategori yang sudah ditentukan. 


Ada yang unik ditengah rangkaian acara Insan Madani Award ini, yaitu penampilan dari Direktur Pendidikan NFBS Lembang, Ustadz Dr. Muhammad Damiri, M.Pd. Beliau menampilkan pembacaan puisi yang berjudul Malam, karya dari Sutardji Cazoum Bachri.

Diakhir agenda Insan Madani Award, acara ditutup dengan sambutan oleh ketua Yayasan Pesantren Pendidikan Islam Madani (YPPIM) Nurul Fikri Boarding School Lembang, Ustadz Ridwan Hakim, M.H.

“Kita jangan cepat untuk berpuas diri, karena lembaga masih melihat bahwa kecepatan yayasan dalam menambah dan membangun fasilitas masih belum diiringi dengan kecepatan yang sama dari sisi peningkatan kualitas SDM. Banyak sekali masukan dari para pimpinan bahwa dipaparan teknis itu masih ada paradigma yang bisa dianggap tidak terkoneksi antara tujuan lembaga dengan apa yang dilakukan dilapangan sehingga masih belum optimalnya dalam pencapaian goals dari lembaga.

Dari segi sisi komunikasi, masalah komunikasi dalam hal tersebut ada dua macam, pertama pesan yang tidak sampai kebawah, dan kemudian pesannya sampai tetapi penerima pesan tidak memahami pesan nya.

Mudah-mudahan tahun ajaran baru ini pelayanan yang diberikan kepada santri dan orang tua santri bisa kita delivered lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Pesan saya yang paling akhir, jangan pernah takut untuk berdiskusi dengan sesama, tidak hanya didepartemennya masing-masing tetapi antardepartemen yang lain. Budaya lembaga yang kita bangun adalah berdasarkan musyawarah terbuka, jadi jika ada pesan yang ingin disampaikan atau didiskusikan kepada teman-teman dilapangan, silakan sampaikan ke pimpinannya. Kita sangat terbuka dengan diskusi, karena dari diskusi itu maka ide-ide segar akan lahir, kreatifitas akan terbangun, dan kerjasama akan terjalin lebih optimal.” Ujar Ustadz Ridwan Hakim, M.H

Agenda Insan Madani Award 2022 ini merupakan apresiasi dari lembaga untuk semua SDM yang mengimpelmentasikan Nilai Inti dan Budaya Lembaga CITA KITa pada umumnya. Budaya lembaga yang kuat ditandai dengan nilai – nilai inti yang dipegang teguh dan disepakati secara luas dalam sebuah organisasi, semakin banyak anggota yang menerima nilai – nilai inti dan semakin besar komitmennya terhadap nilai – nilai tersebut maka akan semakin kuat budayanya. Karena ketiga hal tersebut merupakan bagian penting dalam memperkuat organisasi, maka kegiatan Insan Madani Award ini merupakan momem penting dalam memperkuat kembali orientasi seluruh SDM terkait visi misi, nilai inti dan budaya organisasi.

Adanya agenda Insan Madani Award untuk seluruh pegawai di Nurul Fikri Boarding School Lembang ini, kami sebagai penyelenggara berharap tujuan utama dibangunnya sekolah ini dapat mengakar pada individu di Insan Madani Nurul Fikri Boarding School Lembang. Cita-cita luhur dari pendiri, KH. Hilmi Aminuddin Allah yarham, yang menginginkan peradaban madani terbentuk dari alumni dan juga pengajar di Nurul Fikri Boarding School lembang harus terwujud di masa mendatang. Semoga Allah mudahkan langkah-langkah kita yang mengusahakan kebaikan di atas muka bumi. Aamin Ya Rabbal alamiin…  

Berikut Link Youtube rangkaian agenda Insan Madani Award 2022 dibawah ini :

LINK YOUTUBE KEGIATAN INSAN MADANI AWARD