NURUL FIKRI MELAKSANAKAN PELATIHAN METODE PERTOLONGAN DI AIR

17 September 2022 11:55 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI NURUL FIKRI MELAKSANAKAN PELATIHAN METODE  PERTOLONGAN DI AIR

“Kesiapsiagaan Dimulai dari Diri Sendiri, Keluarga dan Komunitas”

Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang – Jumat, 9 September 2022, Nurul Fikri Boarding School Lembang melaksanakan pelatihan pertolongan pada korban tenggelam dipermukaan air. Pelatihan dan materi diberikan oleh Tim Basarnas Jawa Barat. Pemberian materi dan pelatihan dilaksanakan di area olahraga kolam renang Nurul Fikri. Menurut Tim Basarnas Jawa Barat, metode pertolongan di air adalah tahapan atau langkah untuk memudahkan penolong mengingat apa dan bagaimana ketika menghadapi kecelakaan di air. Terdapat urutan langkah pertolongan pada korban kecelakaan di air, yang kemudian disingkat menjadi RTRGT (Reach, Throw, Row, Go dan Tow).


Tim Basarnas Jawa Barat menjelaskan bahwa menolong korban tenggelam dipermukaan air dapat dilakukan dengan metode di darat atau langsung mendekati korban (bagi yang dapat melakukan berenang). Melakukan pertolongan korban tenggelam pun dapat dilakukan dengan atau tanpa alat bantu.

Pelatihan dimulai dengan pemberian secara materi oleh Tim Basarnas Jawa Barat, kemudian diberi contoh secara praktik oleh Tim Basarnas. Beberapa asatidz pun ada yang menjadi relawan untuk mempraktikan metode pertolongan di air, ada yang bertindah sebagai “korban” dan ada juga yang bertindak sebagai “penolong”