PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH SMA NURUL FIKRI BOARDING SCHOOL LEMBANG

23 Januari 2023 09:59 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH SMA NURUL FIKRI BOARDING SCHOOL LEMBANG

Ditulis oleh: Siti Muna

Lembang – Pada hari Kamis, 12 Januari 2023 telah berlangsung kegiatan PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tahunan sekolah berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

PKKS merupakan kegiatan untuk menilai kinerja kepala sekolah dan dampaknya pada pengembangan sekolah serta peserta didik. PKKS ini diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, yang dihadari oleh 2 penilai yaitu bapak Dr. Budi Setiadi., M.Pd dan bapak Drs. H. Endang Supena., MM. Ustadz Nanang., S.Si selaku Kepala Sekolah SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan dan Para Koordinator Sekolah SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang.


Beberapa hal yang dipersiapkan untuk kegiatan PKKS ini yaitu persiapan dokumen yang berkaitan dengan kompetensi kepala kekolah seperti, kepribadian, manajerial, pengembangan sekolah, pemimpin pembelajaran dan dokumen 8 standar nasional pendidikan.

Tujuan diadakannyan kegiatan PKKS ini untuk memperoleh informasi kinerja kepala sekolah berdasarkan hasil evaluasi tugas kepala sekolah untuk pemetaan kinerja kepala sekolah sebagai acuan kebijakan, memperoleh informasi kinerja kepala sekolah berdasarkan hasil evaluasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan diri kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya, mendapatkan data kinerja kepala sekolah secara kolektif dalam siklus tahunan sehingga dapat diperoleh gambaran umum kinerja kepala sekolah pada tingkat provinsi, serta menghimpun data kinerja sebagai dasar untuk menentukan kebutuhan program pembinaan kompetensi mewujudkan kepala sekolah yang profesional dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan nasional.


Ustadz Nanang pun berharap PKKS ini dapat membawa dampak bagi kinerja, kebanggaan kepala sekolah serta civitas akademik, untuk meningkatnya capaian pembelajaran peserta didik dan pengembangan sekolah.