PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE-58

18 November 2022 14:49 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE-58

“Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”

Ditulis: Siti Muna

Lembang – Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November ini berawal dari upaya pemberantasan penyakit malaria yang menyerang Indonesia pada era 50-an. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan HKN kali ini merupakan HKN yang ke-58. Arahnya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai kesehatan. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan tentunya akan lebih meningkatnya hidup yang sehat.

Memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-58, Pelayanan Kesehatan Nurul Fikri Boarding School Lembang menggelar kegiatan seperti lomba kreasi cuci tangan, lomba poster kesehatan, lomba fashion show kesehatan, pemilihan duta kesehatan dan donor darah. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 November 2022, tepat pada saat hari peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58, bertempatkan di Gd. KH. Hilmi Aminuddin.


Kegiatan dibuka langsung dengan sesi donor darah. Kegiatan donor darah dibantu oleh TIM Palang Merah Indonesia (PMI) Kab. Bandung Barat. Sebelum donor darah, pendonor terlebih dahulu akan di cek kesehatannya, mulai dari tensi darah, berat badan, cek golongan darah, jika dirasa sudah memenuhi syarat maka pendonor bisa langsung mendonorkan darahnya. Jumlah pendonor yang tercatat pada kegiatan HKN ini adalah 86 pendonor.

Selain itu, kegiatan lain yang dilaksanakan pada HKN di Nurul Fikri Lembang adalah penampilan “role play” kasus penanganan evakuasi yang ditampilkan oleh santri-santri Nurul Fikri Lembang. Beberapa perlombaan pun digelar pada kegiatan ini seperti lomba kreasi cuci tangan, lomba  poster kesehatan, lomba fashion show kesehatan yang pesertanya adalah santri tholib dan tholibah SMP dan SMA. Pemenang dari setiap sesi lomba adalah sebagai berikut :

Lomba Fashion Show Kesehatan

Juara 1 : Kelompok kelas 12 tholib

Juara 2 : Kelompok kelas 7 tholibah

Juara 3 : Kelompok kelas 8 tholibah

Lomba Kresasi Cuci Tangan

Juara 1 : Kelompok kelas 8 tholibah

Juara 2 : kelompok kelas 7 tholibah

Juara 3 : kelompok kelas 7 tholib

Lomba Poster Kesehatan

Juara 1 : Kelompok kelas 12 tholibah

Juara 2 : Kelompok kelas 10 tholibah

Juaea 3 : Kelompok kelas 11 tholibah


Selain kegiatan lomba, juga ada pemilihan duta kesehatan Nurul Fikri Lembang, alhamdulillah yang menjadi Duta Kesehatan unttuk masa jabatan 1 tahun kedepan yaitu Abdullah Ibnu Zubair kelas 7 Tholib, Muhammad Atharrais Athaillah Santosa kelas 7 Thoib dan Alexandria Hanno Setiawan kelas 9 Tholibah.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperingati semangat perjuangan tenaga kesehatan dalam usahanya menyehatkan seluruh umat manusia dan menangani penyakit tanpa kenal lelah dan putus ada, hal ini pun berkaca pada tahun 1959 pada saat Indonesia memberantas kasus penyakit malaria yang menyerang, ujar Ketua Pelaksanaka Kegiatan HKN Nurul Fikri Lembang. Kegiatan HKN di Nurul Fikri Lembang pun Insya Allah akan menjadi kegiatan tahunan yang rencananya santri sebagai panitia utama dan UKS Nurul Fikri Lembang sebagai pembimbing, dengan tujuan terus meningkatkan semangat dan rasa syukur kita terhadap nikmat sehat yang Allah SWT berikan dan semangat kita dalam merawat dan memanfaatkannya.