Dauroh Tarqiyah Wada’ Generasi Pertama Nurul Fikri Boarding School Lembang

14 Oktober 2017 19:39 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI

Tiga tahun sudah dilalui santri SMP ataupun SMA Nurul Fikri Boarding Lembang angkatan pertama. Mereka melewati masa-masa bersama santri lain dan guru-guru yang memang merintis sekolah ini dari tahun 2010. Di akhir proses pembelajaran santri di NFBS Lembang tepatnya pada tanggal 18 April 2013 Santri SMA melaksanakan acara Dauroh Tarqiyah yang dilaksanakan di hari kamis, yang merupakan hari terkahir mereka melaksanakan Ujian Nasional.

Dauroh Tarqiyah ini tidak hanya untuk santri SMA kelas 12, tetapi untuk santri SMP kelas 9. Dauroh Tarqiyah ini diadakan dengan tujuan untuk membekali mereka dalam menghadapi dunia di luar pesantren, baik SMA ataupun perguruan Tinggi yang memang Heterogen tidak seperti di pesantren.  Untuk SMP sendiri Dauroh Tarqiyah ini dilaksanakan pada tanggal 25-27 April 2013.

Baik SMP ataupun SMA kegiatannya hampir sama, yakni dilaksanakan di Resto Tholibah yang diisi dengan materi dan training seputar Pengenalan Dakwah Kampus, Menjadi Mahasiswa Berprestasi, Hubungan dengan Lawan Jenis, Sholat, Spiritual Menjadi orang sukses dan Persiapan menghadapi Hasil Ujian. Materi-materi tersebut diberikan oleh orang-orang yang berpengalaman dan mampu menjelaskan kepada santri. Yang tidak kalah menarik dari isi kegiatan yang selama kurang lebih 3 hari dua malam ini adalah Penayangan Video kilas balik mereka selama 3 tahun, dari mulai mereka daftar untuk menjadi santri baru hingga kegiatan mereka  sampai saat ini. Dalam video itu tidak hanya sekedar menayangkan foto dan video mereka, tetapi juga berisi beberapa pesan untuk para santri yang akan keluar, untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dewasa dalam menjalani kehidupan diluar pesantren Nurul Fikri Lembang .

Acara ini bertema “ Dengan Tarbiyah menyambut dunia baru, untuk mengukir sejarah, menuju Mardhatillah”. Selain mengundang pemateri dari luar kegiatan Dauroh Tarqiyah ini juga diisi oleh pesan-pesan dari para pimpinan bidang untuk semua santri yang akan meninggalkan tempat ini, untuk kemudian bisa lebih baik di dunia barunya nanti.Dalam kegiatannya mereka, tidak hanya dibeikan materi tetapi mereka di tugaskan untuk menyempurnakan amalan yaumiahnya sampai mereka menjelang tidur. mulai dari Qiyamul lail dan tilawah 1 juz masing-masing . sehingga ketika ada yang belum selesai tilawahnya 1 juz dalam 1 hari mereka harus menyelesaikan target 1 juznya sebelum tidur. Ini di maksudkan agar mereka tidak hanya siap fisik tetapi juga siap ruhiyah dalam setiap kegiatan. Dan menjaga kebiasaan ini, walaupun mereka sudah tidak berada di lingkungan pesantren.

Di hari terakhir dauroh tarqiyah ini, para santri hiking dengan medan dan jarak yang luar biasa, tetapi mereka tetap semangat dan tidak mengerluh selama perjalanan. Setelah semua acara dilalui santri, akhirnya ditutup dengan Apel dan penyematan pin SMP dan SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang angkatan pertama oleh ustadz Aris, yang di wakilkan oleh masing-masing ketua kelas. Penutupan Apel ini membuat haru tersendiri bagi santri dan asatidz, karena disana mereka benar-benar merasakan waktu yang mereka lalui begitu cepat, sehingga tidak terasa tiba saatnya mereka untuk meninggalkan sekolah dan pesantren ini, untuk memasuki dunia baru. Perwakilan santri memberikan pesan dan kesannya di akhir acara, begitupun dengan ustadz dan ustadzahnya dari ujung sampai ujung yang berdiri dalam satu barisan di depan santri, memberikan wejangannya satu persatu. Selamat Jalan para santri Nurul Fikri Boarding School Lembang generasi pertama. Tunjukan pada dunia bahwa kalian adalah generasi terbaik yang akan menjadi pemimpin-pemimpin peradaban kelak. Semoga santri Nurul Fikri Boarding School Lembang yang akan keluar ini bisa tetap istiqomah di jalan kebaikan dan menjadi lilin-lilin bagi kegelapan di sekitarnya.Amin