“Evaluasi dan Refleksi Diri, Menjadi Insan yang Lebih Baik”

07 Agustus 2023 07:45 Di tulis oleh Admin ARTIKEL “Evaluasi dan Refleksi Diri, Menjadi Insan yang Lebih Baik”

Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang – Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H tahun ini, Bidang BPS Nurul Fikri Lembang kembali menggelar kegiatan dengan mengambil tema “Evaluasi dan Refleksi Diri, Menjadi Insan yang Lebih Baik”. Kegiatan yang dilaksanakan pada selasa, 25 Juli 2023 ini dihadiri oleh seluruh santri SMA tholib dan tholibah. Tujuan kegiatan ini adalah meneguhkan kembali kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini diisi materi oleh Ustad Muhammad Rayhan., Lc. Beliau adalah Co-Founder dan Ketua Umum Qalamy Center.

Jika menarik pada sejarah awal mula penanggalan 1 Muharram, itu berdasarkan pada hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah dan Madinah.


Ada banyak sekali makna yang terkandung pada peringatan Tahun Baru Islam ini. Diadakannya kegiatan ini, diharapkan para santri mampu meneladani sikap dan teladan Nabi Muhammad SAW. Peringatan Tahun Baru Islam ini menjadi momen untuk intropeksi diri, dimana kita setiap ummat muslim, mampu untuk muhasabah diri, muslim diharaokan lebih mawan diri atas segala tindakan perbuatan. Didalam peringatan Tahun Baru Islam pun mengandug pesan perdamaian, hal ini dimaknai sebagai momen penuh perdamaian, dimana pada saat itu, di bulan Muharram diharamkan untuk berperang dan melakukan kedzaliman.

Bulan penuh semangat perjuangan. Hal ini dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam menyebarkan agama Islam, ditandai dengan hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah.

Bulan muharram merupakan bulan yang penuh dengan pahala, dimana pada bulan ini setiap amalan baik akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.