Gladian Nasional Pramuka SIT

14 Oktober 2017 19:39 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI

Bogor -  Gladian Nasional Pramuka dilaksanakan acara yang diselenggarakan oleh Pramuka SIT, dari tanggal 10-13 Januari 2014. Yang hadir dalam acara ini kurang lebih 150 orang dan  50 orang pembina. Nurul Fikri mengirimkan perwakilan santri dari SMP dan SMA tholib dan Tholibah beserta Pembinanya yaitu ustadz Rahmat dan Ustadzah Mudrikah.

Hari pertama pembukaan, pembagian kelompok menjadi 21 kelompok yang digabung dari semua sekolah. setelah itu peserta mengambil barang perlengkapan kemah di sekertariat. Dan dilanjutkan dengan diskusi.  Semua pembina di hari kedua mendapatkan materi tentang kepramukaan. Hari kedua, apel pembukaan, dan materi tentang  leadership, lalu dilanjutkan masak dan ishoma.

Acara yang dilaksanakan banyak berupa games yaitu beberapa games seperti,  Games tentang shiroh, bentuknya menjawab pertanyaan, pertanyaan diberikan kepada dua kelompok yang islam dan belum islam , yang udah islam mengajak yang udah islam dan yang belum islam bertanya kepada yang sudah islam.

Lalu ada juga, Games penaklukan konstatinopel, games ini dibagi-bagi kelompok angkatan darat, laut, pasukan serbia, genoa sama musuh. Perang dari semua kelompok dengan tanah dan dibagi menjadi 10 babak, Sekitar 3 jam.  Karena kondisi hujan peserta memundahkan barang dari tenda ke aula.

Selain games peserta juga diberikan beberapa materi yaitu, Materi tentang pramuka garuda isinya pembekalan untuk menjadi seorang pramuka dan diberikan games-games tentang konsetrasi. Serta Materi tentang konstatinopel sejarahnya. Sebelum maghrib, kemudian malamnya dilanjutkan memperlihatkan bagaimana konstatinopel.  Salah satu peserta penggalang dari nurul fikri lembang Ana rufaida sekelompok dengan peserta yang berasal dari sekolah albanna dari bali, cordova samarinda, harapan bunda semarang, nurul fikri anyer, albina ternate.

Selama 4 hari kemarin santri yang mengikuti kegiatan ini mendapatakan pelajaran tentang menghargai waktu, dan untuk penggalang ini peserta lebih ditekankan pada pembentukan karakter. Di heari terakhir Peserta dibangunkan untuk pergi ke ummmul quro untuk makan terus jalan, dan dilanjutkan ke tni angakatan udara. disana peserta diberi materi tentang angkatan udara, baik pembina, penggalang, dan penegak.

Selain ada acara games, serta beberapa materi tentang kepramukaan, dalam gladian ini anak-anak diajarkan kedisiplinan, kemandirian, dan kepemimpinan. Pembina diajarkan tentang metode pengajaran pramuka dengan cara yang tepat, membedah SKU, memunculkan hal-hal yang bisa berhubungan dengan islam dalam SKU tersebut. Kegiatan ini selain mendapat materi, juga menambah pertemanan diantara pramuka se-indonesia. Di lanud peserta dikenalkan dengan mobil pemadam kebakaran, peswat tempur, dan anak-anak dibawa langsung masuk kedalam pesawat, melihat alat-alatnya. Mereka belajar memimpin mulai dalam berbaris, komandan di setiap games, dsb. Hari senin peserta diberikan materi,mereka kembali ke perkemahan cimandala Bogor untuk penutupan.