HARI LITERASI DUNIA “Memahat Tulisan untuk Dunia yang Lebih Indah”

13 September 2022 14:06 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI HARI LITERASI DUNIA “Memahat Tulisan untuk Dunia yang Lebih Indah”

Ditulis Oleh: Siti Muna 

Lembang – 8 September menjadi Hari Literasi Internasional atau banyak juga dikenal dengan Hari Akasara Internasional, bahkan beberapa menyebutnya dengan Hari Melek Huruf Internasional. Hari literasi internasional ini sudah ada sejak 57 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1965 UNESCO mengumunkan bahwa 8 September diperingati sebagai Hari Literasi Internasional.

Kamis, 8 September 2022 Nurul Fikri Boarding School Lembang mengadakan kegiatan Talkshow dengan bertemakan Hari Literasi Dunia “Memahat Tulisan untuk Dunia yang lebih Indah”. Kegiatan talkshow literasi ini diadakan oleh Tim Literasi Sekolah yang berlangsung di Gedung Serba Guna Tholib pada pukul 10.40-11.50 dengan audien santri tholib dan thoibah. Kegiatan talkshow literasi ini pun diisi oleh Ghathfan Abid Prasetyo, santri kelas 10 tholib dan seorang penulis aktif, salah satu bukunya berjudul “Sifat Asli Manusia”. Ghafthan bercerita bagaimana pengalamannya dalam menuangkan ide-idenya dalam bentuk karya tulisan.


Selain itu, ada satu pengisi lagi dari salah satu pustakawan, penulis artikel surat kabar, dan penulis aktif , yang salah satu judul bukunya yaitu “Kunang-Kunang Dini Hari”, yaitu Ustadz Anggi Nugraha. Literasi sendiri pun memiliki arti kemampuan seseorang dalam mengolah dan memhami informasi saat melakukan proses membaca atau menulis. Sehingga di era modern ini kemampuan literasi sangatlah dibutuhkan oleh semua kalangan, khususnya para remaja. Nurul Fikri Borading School Lembang pun berharap dengan adanya kegiatan ini, mampu mengasah para santri untuk dapat lebih memahami pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dengan diselenggarakannya kegiatan talkshow literasi ini diharapkan dapat membuka wawasan para santri Nurul Fikri Boarding School Lembang, khususnya terkait literasi, serta memhami betul pentingnya literasi.