HIDUP SEHAT ALA RASULALLAH SAW “Menyeimbangkan Antara Jiwa, Pikiran dan Tubuh”

13 Juni 2023 08:14 Di tulis oleh Admin ARTIKEL HIDUP SEHAT ALA RASULALLAH SAW  “Menyeimbangkan Antara Jiwa, Pikiran dan Tubuh”

Ditulis Oleh: Siti Muna

Tubuh merupakan amanah yang Allah SWT berikan kepada seluruh ummat manusia. Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting, karena dengan tubuh yang sehat dapat membuat seseorang bisa menjalani aktivitas dan ibadah dengan tubuh yang sehat, jiwa yang baik, dan pikiran yang seimbang. Menjaga kesehatan tubuh pun sudah dilakukan oleh Nabi kita yaitu Rasulallah SAW. Beliau ada seseorang yang jarang terserang sakit parah, karena beliau sangat menjaga kesehatan dirinya. Sebagai sosok teladan ummat manusia, beliau telah mengajarkan ummatnya tentang cara hidup sehat.

Kesahatn jasmini dan rohani yang beliau ajarkan akan menjadikan tubuh kita tidak mudah sakit. Keseimbangan antara kesehatan tubuh dan jiwa bisa membuat aktivitas yang kita jalankan setiap harinya berjalan dengan lancar.

Berikut beberapa tips hidup sehat yang Rasulallah SAW sering lakukan:

1.              Makan dengan Secukupnya

Studi menunjukan bahwa seseorang harus secara teratur mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, tidak hanya untuk menjaga berat badan, tetapi juga untuk meningkatkan tingkat energi, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kualitas hidup dan membantu pencegahan penyakit.

Hal ini pun Allah SWT jelaskan pada firmannya di QS. Al Araf ayat 31 :

“Wahai anak cucu Adam ! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap memasuki masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan”

1.              Berolahraga

Selain makan makanan yang sehat dan tidak berlebihan, Rasulallah SAW selalu menjaga kondisi fisiknya dengan cara berolahraga, ada beberapa olahraga yang sering beliau kerjakan, seperti memanah, berkuda, dan berlari. Selain untuk menjaga kesehatan fisik, dengan berolahraga bisa menjernihkan dan menenangkan pikiran.

2.            Menjaga Kebersihan Tangan

Salah satu gaya hidup sehat yang bisa ditiru dari Rasulallah SAW adalah menjaga kebersihan tangan. Tangan yang selalu aktif digunakan untuk segala aktivitas tentunya akan menyimpan berbagai jenis kuman dan bakteri. Jika kita tidak senantiasa mencuci tangan dengan bersih maka kuman dan bakteri tersebut akan masuk kedalam tubuh kita melalui mulut ketika kita makan. Rasulallah SAW selalu mencuci tangannya sampai ke sela-sela hingga bersih. Tidak heran jika Beliau tidak pernah mengalami gangguan pencernaan atau sakit perut, walaupun makan dengan menggunakan tangannya.

Selain banyaknya tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, Rasulallah SAW selalu melakasnakan shalat tahajjud, shalat subuh berjamaah di masjid, mengendalikan emosinya, mengendalikan perut dan selalu berjalan pada pagi hari.

Semoga Allah SWT selalu melindungi dan memberikan kesehatan fisik dan rohani kepada kita, agar kita senantiasa menjalankan ibadah dengan jiwa, pikiran, dan tubuh yang sehat.