HRD NURUL FIRKI BOARDING SCHOOL MENGADAKAN FUNCTIONAL DEVELOPMENT PROGRAM 2023

05 Oktober 2023 08:44 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI HRD NURUL FIRKI BOARDING SCHOOL MENGADAKAN FUNCTIONAL DEVELOPMENT PROGRAM 2023

Ditulis oleh Mohammad Robby Rodhiya, S.AP

Learning and Development Officer, Departemen HRD

 

Functional Development Program adalah sebuah program pengembangan yang diperuntukkan bagi guru-guru atau Insan Madani berupa pengembangan profesi fungsionalnya. Program ini merupakan salah satu bagian dari implementasi jabatan fungsional guru atau insan madani yang kemudian di singkat menjadi JF.

JF adalah sistem jenjang karir yang ada di Sekolah Islam Madani NFBSL untuk mencetak guru-guru profesional yang berkinerja unggul dan berkarakter. Guru profesional yang berkinerja unggul dan berkarakter adalah guru-guru yang baik secara keilmuan dan juga memiliki karakter islami, dimana kedua hal tersebut adalah modal bagi seorang guru untuk menjadi guru teladan bagi setiap siswa.

Sebelum mengikuti program ini, guru-guru diseleksi berdasarkan ketentuan-ketentuan tertentu yang tertuang dalam Pedoman Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Guru-guru atau Insan Madani yang sesuai dengan kualifikasi akan mengikuti program ini.


Tujuan FDP ini adalah untuk:

1.        Memberikan kesempatan kepada guru untuk terus meningkatkan kualitas profesinya sebagai guru.

2.      Memotivasi guru-guru untuk terus belajar demi menyajikan pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik.

3.      Mengetahui tingkat keprofesionalan guru dalam melaksanakan pengajaran.

Melalui program ini guru atau Insan Madani diberikan pembekalan dan training fungsional. Dari pembekalan dan training ini guru-guru dapat menerapkannya dalam pembelajaran di kelas. Peningkatan pengetahuan dan kemampuan guru-guru diharapkan dapat meningkatkan proses pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Islam Madani Nurul Fikri Boarding School Lembang dan mencetak guru.

FDP ini akan berlangsung dari bulan Juni hingga Oktober 2023, dan dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Tahapan demi tahapan dalam FDP ini akan dibagi menjadi beberapa kegiatan, yaitu:

1) Pretest & Evaluasi Diri

Pada bagian ini peserta akan diberikan soal-soal yang berkaitan dengan materi fungsional keguruan, pernyataan yang berkaitan dengan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi).

2) Training Fungsional

Pada bagian ini peserta akan diberikan training atau pelatihan yang berkaitan dengan kemampuan teknis dalam melaksanakan pengajaran dan pembelajaran. Kemampuan teknis tersebut yaitu tentang TPACK, HOTS, Lesson Plan, manajemen kelas, Pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan media ajar.

3) Workshop "Lesson Study"

Pada bagian ini peserta akan melaksanakan workshop bersama dengan peserta lainnya yang dilaksanakan dengan menggunakan skema lesson study. Melalui workshop ini peserta akan melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan observasi. Pada bagian ini adalah latihan atau praktek dari pelatihan yang telah dilaksanakan pada tahapan sebelumnya. Pelaksanaan pada kegiatan ini menyesuaikan dengan jadwal mengajar peserta. Tahapan lesson study tersebut adalah:

a)  tahap perencanaan, guru merancang pembelajaran dengan memilah kompetensi dan materi esensial yang akan diberikan kepada peserta didik berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan.

b)  Pelaksanaan pembelajaran adalah proses menguji rancangan persiapan yang telah disusun pada tahapan perencanaan. Aktivitas yang penting dilakukan dalam tahapan ini adalah mencatat sebanyak mungkin bentuk-bentuk respon siswa berdasarkan stimulus yang diberikan oleh guru berdasarkan pengamatan. Proses mengamati pembelajaran dilakukan tanpa mengintervensi interaksi siswa dan guru. Pengamatan bukan untuk menilai bagaimana guru mengajar, namun lebih kepada mempelajari bagaimana siswa belajar berdasarkan respon-respon yang muncul.

c)  Pada tahapan ini, guru model memaparkan temuan dan capaian pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan rencana pembelajaran yang disusun. Observer menyampaikan temuan-temuan pembelajaran yang telah diamatinya berdasarkan aktivitas peserta didik sebagai respon dari situasi pembelajaran yang diberikan. Selanjutnya, guru model dan observer berdiskusi membahas pelajaran-pelajaran kunci dari hasil implementasi dan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembelajaran yang umum ditemukan.

4) Supervisi Pembelajaran

Pada bagaian ini peserta akan melakukan perekaman pembelajaran dari awal hingga akhir, Hasil rekaman ini akan digunakan oleh peserta untuk melakukan evaluasi diri terkait dengan pengajaran dan pembelajaran yang telah dilaksanakannya. Selain itu pada bagian ini peserta juga akan disupervisi oleh para penguji secara langsung.

5) Produk FDP

Pada bagian ini peserta akan membuat best practice dari pengajaran dan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Best practice tersebut dalam bentuk video yang berdurasi kurang lebih 5 – 7 menit.

6) Uji komprehensif

Pada bagian ini peserta akan melaksanakan ujian komprehensif berkaitan dengan fungsi utamanya sebagai seorang guru.

7) Post Test

Ujian akhir

8) Pengumuman

Pengumuman peserta yang lulus dalam kegiatan FDP.

 


“Harapan dengan dilaksanakannya program ini yaitu agar guru-guru yang ada di Sekolah Islam Madani Nurul Fikri Boarding School lembang mendapatkan pengembangan diri secara fungsinya sebagai seorang guru dan juga mendapatkan sertifikasi secara internal, sehingga dapat lebih semangat lagi untuk mengajarkan pengajaran dikelas dengan bobot yang lebih berkualitas kepada siswa-siswa NF Boarding School Lembang.” Ujar Kepala Bidang Kinerja dan Pengembangan SDM, Departemen HRD, Ustadzah Nur Upik, S.Si