KETEGASAN DALAM MENDIDIK ANAK

01 Juni 2024 10:46 Di tulis oleh Admin ARTIKEL KETEGASAN DALAM MENDIDIK ANAK

Ayah bunda yang penyayang harus menyadari bahwa pendidikan anak tidak hanya dicapai dengan perasaan kasih sayang saja, tetapi kadang-kadang membutuhkan ketegasan. Kasih sayang harus seimbang. Kadang-kadang, memperbaiki penyimpangan membutuhkan ketegasan yang terkontrol, sehingga ketegasan tersebut menjadi bentuk kasih sayang itu sendiri. Seorang penyair mengatakan :

 

فقسا ليزدجروا ومن يك راحما ، فليقس أحيانأ على من يرحم

 

Berlaku tegaslah agar mereka jera, barang siapa terlalu mengasihi

 

kadang ia yang dikasihani berlaku keras terhadap orang yang mengasihi

 

Ayah bunda yang penyayang, mendidik anak membutuhkan usaha serius, komunikasi, dan pembagian peran dengan pasangan. Dan hendaknya menghindari pertentangan dan kontradiksi dalam mendidik anak-anak. Bunda yang penyayang ketahuilah bahwa anak-anak lebih dekat dengan anda karena mereka menghabiskan lebih banyak waktu dengan bunda. Oleh karena itu seorang bunda lebih mengetahui rahasia anak-anak di banding ayahnya. Seorang bunda harus memiliki standar untuk menentukan apakah akan mengungkapkan atau menyembunyikan rahasia tersebut, dengan mempertimbangkan maslahat dan madaratnya. Menyembunyikan rahasia kadang-kadang bisa merugikan, sehingga anda perlu mengungkapkannya kepada ayah. Atau sebaliknya.

 

Seorang ayah yang tegas, jika bundanya memberitahu tentang rahasia anak, jangan sampai merasa bahwa bundanya membocorkan rahasia tersebut, karena hal itu membuat anak menjadi benci kepada bundanya. Dengan demikian anda tetap menjaga hubungan baik anak dan bundanya.  Usahakan selalu lembut dan penuh kasih sayang, kecuali jika situasi benar-benar memerlukan hukuman, seperti ketika anak meninggalkan sholat dan tetap meninggalkannya meskipun sudah diingatkan. Perintahkan mereka untuk sholat pada usia tujuh tahun, dan pukul mereka jika meninggalkannya pada usia sepuluh tahun, tentu saja setelah mencoba semua metode motivasi dan pendekatan lainnya yang membuat anak kita mencintai sholat.