MARAKAT 2013

14 Oktober 2017 19:39 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI

MARAKAT (merupakan akronim dari Marathon Kegiatan Akhir Tahun dan berarti pertempuran dalam Bahasa Arab) merupakan kegiatan di bulan Desember 2013 yang diselenggarakan oleh BEST SMA yang bertujuan untuk mempererat hubungan ukhuwah Islamiyah yang kuat antar santri,

Memicu bakat- bakat yang ada pada santri, mengasah kreativitas dan kemampuan bersosial santri, mengembangkan kemampuan Public Speaking santri, menumbuhkan semangat kompetitif antar santri. Terdapat kegiatan yang diadakan seperti SOLAH (Solidaritas Ukhuwah), Class Meeting, LADA(Language Day), dan lomba rakit tanaman. 

1. LADA (Language Day)

Sebuah acara yang diadakan oleh BEST SMA pada tanggal 3-4 Desember 2013 dengan rincian pada tanggal 3 untuk santri SMP dan tanggal 4 untuk santri SMA. Terdapat cabang lomba yang dilombakan yaitu Speech Contest kategori bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dan Spelling Contest. Apa tujuan diadakan lomba tersebut? Adalah untuk meningkatkan kemampuan santri dalam hal Public Speaking (berbicara di depan umum). Dari sana pula kita dapat melihat minat dan bakat santri yang terpendam. Di sisi lain kita dapat menumbuhkan semangat bersaing antar santri. Tujuan lain adalah kita juga menginginkan santri memilikispeech skill. Setidaknya minimal mereka berani tampil di depan umum walau sedikit gugup. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada saat haflah.


2. SOLAH(Solidaritas Ukhuwah)

 Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2013 dirancang sedemikian rupa oleh BEST SMA untuk mempererat hubungan ukhuwah islamiyah antarsantri SMA. Kegiatan ini dimulai ba’da isya dan diawali dengan nonton bareng. Lalu dilanjutkan dengan stand up comedy dari perwakilan masing-masing kelas. Hal ini mendorong santri agar dapat berani tampil di depan. Acara dilanjutkan

 dengan agenda bakar-bakar ayam dan jagung.

3. Class meeting SMA

Serangkaian lomba diadakan oleh BEST SMA pada tanggal 8-9 Desember 2013. Serangkaian lomba tersebut dimulai pada tanggal 8 yaitu lomba “Who Wants to be Goceng” yang merupakan plesetan dari acara Who Wants to be Millionaire. Selanjutnya pada tanggal 9 Desember 2013, dilaksanakannya lomba basket, tarik tambang, Cerdas Cermat Agama, missing lyrics, treasure hunt, estafet balap karung, futsal challenge dan diakhiri oleh acara puncak pada malam hari yaitu lomba Fashion Show. Pemenang akan diumumkan pada saat haflah (R2)