MARKET DAY TPQ MADANI

29 Oktober 2022 15:57 Di tulis oleh Admin TPQ MARKET DAY TPQ MADANI

"Membangun Jiwa Wirausaha Berlandaskan Syariah"

Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang – Selasa, 25 Oktober 2022 salah satu Unit Bidang Dakwah dan Sosial yaitu TPQ Madani menggelar Market Day yang bertempatkan di Mesjid An-Nuur Cibodas. Kegiatan ini berlangsung pada sore hari. Market Day sendiri adalah kegiatan rutin tahunan dari TPQ, namun pada saat pandemi sempat terhenti dan Alhamdulillah tahun ini bisa digelar kembali. Market Day ini kegiatan berjualan yang dimana santri-santri TPQ Madani kelas 4-6 yang berjualan di sana. Berbagai macam dagangan disajikan, mulai dari makanan, minuman hingga peralatan sekolah.


Sebelum diadakannya kegiatan Market Day ini, para santri TPQ terlebih dahulu mendapatkan materi tentang bermuamalah dan berdagang sesuai dengan syariah yang berlaku, selain itu para santri TPQ pun mendapatkan materi tentang fiqih, akidah akhlak hingga sirah. Sehingga sebelum kegiatan Market Day diadakan para santri sudah memiliki bekal terlebih dahulu.

Para santri TPQ pun mendapatkan motivasi dari para guru-guru, motivasi tentang menumbuhkan kepercayaan diri dalam berjualan, jangan bersedih atau berkecil hati jika dagang jualannya tidak banyak yang membeli, dan meyakinkan bahwa rezeki setiap orang sudah Allah SWT atur dengan baik. Dengan demikian, tujuan diadakannya kegiatan Market Day ini adalah melatih kemandirian santri, membangun kepercayaan diri santri, memperkenalkan transaksi wirausaha yang berlandaskan pada syariah yang berlaku, juga sebagai bentuk kegiatan atau agenda aplikatif dari pembelajaran.