MEMAKNAI PERINGATAN MAULID NABI

25 September 2023 14:54 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI MEMAKNAI PERINGATAN MAULID NABI

Ditulis Oleh: Siti Muna

Lembang - Setiap tanggal 12 Rabiul Awal Hijriyah umat Islam memperingati hari Maulid Nabi atau lahirnya Nabi Muhammad SAW. Rasulullah lahir di Makkah pada Senin, 12 Rabiul Awal pada Tahun Gajah (570 M). Peringatan Maulid Nabi SAW diyakini telah dikenal oleh masyarakat muslim Arab, setidaknya sejak tahun kedua hijriah. Namun ada pula yang meyakininya peringatan maulid telah ada sejak zaman Nabi SAW.

Terdapat beragam versi mengenai awal mula peringatan Maulid Nabi SAW. Sebagian berpendapat, peringatan tersebut dilakukan pertama kali pada saat dinasti Fatimiyah berkuasa. Tapi ada pula yang berpendapat dimulai sejak masa Salahudin Al-Ayyubi.

Tujuannya untuk meningkatkan semangat jihad kaum Muslimin, dalam rangka menghadapi Perang salib melawan kaum Salibis dari Eropa dan merebut Yarusalem. Selain itu adanya Maulid Nabi ini mendorong umat muslim untuk senantiasa bershalawat.
Meneguhkan kembali kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW serta melestarikan ajaran dan misi perjuangan Nabi Muhammad SAW pun beserta Nabi lainnya dapat terus menginspirasi umat Islam.

Namun, terlepas dari semua hal tersebut, peringatan Maulid Nabi SAW ini sebagai bentuk rasa syukur kita sebagau ummat muslis dan ummat Nabi Muhammad SAW, untuk senantiasa mengingat perjuangan beliau dalam menyebatkan agama Islam dimuka bumi.

1.              Bermakna Rasa Syukur

Mensyukuri akan kelahiran Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu bentuk peringatan Maulid Nabi. Bersyukur karena beliau telah lahir dan hadir kedunia ini sebagai seseorang yang memiliki tauladan dan budi pekerti yang sholeh, memberikan contoh pada hal-hal yang baik untuk seluruh ummat muslim di dunia ini. Dapat dibayangkan, jika Allah dahulu berkehendak tidak melahirkan Nabi Muhammad SAW, segelap apa dunia ini saat ini tanpa adanya tuntunan ajaran Islam yang dibawakan oleh beliau.

2.            Mengingat Perjuangan Nabi Muhammad SAW

Semasa hidupnya Nabi Muhammad SAW selalu berjuang untuk menegakan agama Islam, menyebarkan ayat-ayat Allah SWT dan mengajarkan tauhiid kepada ummat muslim. Perjuangan beliau menjadi saksi yang tidak akan pernah bisa terlupakan dalam penyebaran agama Islam. Sehingga peringatan Maulid Nabi SAW ini bisa sebagai bentuk kita mengingat perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan agama Islam keseluruh dunia.

Semoga dengan adanya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini bisa menjadikan kita sebagai ummat Islam yang lebih mencintai Rasulullah SAW. Barakallah Fiikum.