Menata Waktu

08 Agustus 2023 10:13 Di tulis oleh Admin ARTIKEL Menata Waktu

Ditulis Oleh: Hesti Setianingrum, Lc

“Ketahuilah, kewajiban itu lebih banyak daripada waktu yang tersedia, maka bantulah saudaramu untuk menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya, dan jika engkau punya kepentingan atau tugas, maka selesaikan segera.”

-Kyai Hasan-

Pernah ga  kita merasa pada suatu ketika, kita keteteran tugas dan agenda? Saat sedang mengerjakan sesuatu, kita tidak fokus karena memikirkan tugas lainnya yang sedang memburu kita juga. Yang pada akhirnya kita sering merasa tidak itqon ( sempurna) dalam mengerjakan sesuatu.

Kita ingin waktu kita bermanfaat, tidak ingin berlalu begitu saja tanpa kebaikan dan amal sholih. Karena kita memahami bahwa jika kita tidak disibukkan dengan hal yang baik-baik, maka kita akan disibukkan dengan hal yang sebaliknya. Namun, bagaimana halnya kalau kita sibuk dengan berbagai tugas yang diamanahkan, tapi ternyata belum mampu mengelola waktu dengan baik, hingga yang diberikan pada ummat pun bukan persembahan yang terbaik? Apakah kita pun harus berpamitan dengan beberapa amanah yang telah disematkan pada diri kita?

Tentunya kita sering  mendengar cerita-cerita seorang da’i saat harus mengisi beberapa ceramah di berbagai daerah di hari yang sama, hingga tak tersisa waktu istirahatnya kecuali tidur sejenak saat dalam perjalanan menuju agenda ceramah di daerah lainnya. Tapi seolah waktunya berkah..mereka bisa tidur lelap meskipun sejenak. Kita? Tidur pun tak nyenyak karena ingat tugas yang belum rampung, meski tetap saja banyak tugas kita yang terbengkalai.

Lalu bagaimana kita mengatur waktu kita agar semua  tugas dapat kita selesaikan dengan baik dan penuh tanggung jawab? Jawabannya adalah Time management! Ini tentang perencanaan hari atau waktu supaya kita bisa mempersembahkan amalan terbaik atas waktu yang dimiliki.

1.        Memilah Tugas Prioritas

Iya, saat kita punya beberapa agenda di hari yang sama dengan waktu yang tidak mencukupi, maka kita harus memilih prioritas amal.  Tentu kita akan memilih hal yang wajib sebelum yang sunnah. Dengan kata lain,  kita memilih dan memilah tugas  penting dan mendesak terlebih dulu.

 

2.      Maping Tugas Yang Akan di Kerjakan

Lalu setelah kita memilih tugas prioritas, kita maping tugas mana yang akan kita kerjakan terlebih dahulu. Alhamdulillaah, jika sudah kita rencanakan maka kita bisa fokus mengerjakan setiap agenda-agenda tersebut, karena setiap tugas sudah kita sediakan waktunya.

 

3.      Jadwal Ulang

Saat  tiba-tiba ada agenda argo bromo yang lebih penting dan mendesak padahal tidak kita rencanakan sebelumnya, sehingga beberapa tugas yang sudah kita maping tidak terlaksana,  misal kita tiba-tiba sakit atau harus membantu keluarga dan tetangga yang mengalami musibah. Tenang..karena setiap perencanaan ada faktor x yang kendalinya ada ditangan Sang Maha, kita hanya perlu menjadwal ulang.

Alhamdulillaah, ini yang saat ini di kerjakan oleh penulis yang dampaknya bisa fokus dan tenang saat mengerjakan sesuatu, tidak terburu-buru seperti sebelumnya. Semoga  istiqomah dan bisa menginspirasi buat yang lain..Allaahumma Aamiin.