PROGRAM INTERNASIONAL MADANI 9.1

18 Oktober 2022 15:18 Di tulis oleh Admin Program International Madani PROGRAM INTERNASIONAL MADANI 9.1

"Membangun Kepribadian Islami Berjiwa Qurani"

Ditulis Oleh: Siti Muna


Program Internasional Madani yang kemudian disingkat menjadi PIM adalah salah satu program yang berada dibawah naungan Direktorat Akademik. Program yang dikhususkan untuk santri SMA (Sekolah Menangah Atas) kelas 10 tholib dan tholibah ini dilaksanakan di Negara Jordania selama kurang lebih 3 bulan yang akan menetap di apartemen di Kota Amman. Tujuan utama dari PIM adalah membangun kepribadian islami berjiwa qurani, membangun narasi perjuangan dakwah, dan memperkuat kemampuan berbahasa arab serta memperkaya kosa kata.

NFBS Lembang memilih negara Jordania sebagai tempat dilaksanakannya PIM dikarenakan Jordania adalah bagian Negeri Syam, menjadi salah satu negara Arab yang paling aman dan kondusif untuk dilaksanakannya pembelajaran, serta penduduknya yang dikenal santun.  Kegiatan PIM ini dilaksanakan setiap 1 tahun 2 kali pemberangkatan, pada semester ganjil PIM untuk santri tholib (putra) dan semester genap PIM untuk santri tholibah (putri).

Kegiatan PIM ini akan diawali dengan matrikulasi. Kegiatan matrikulasi biasanya dilakukan selama 2 – 4 pekan sebelum pemberangkatan. Materi yang disampaikan pada saat matrikulasi adalah bahasa arab, tahfidz juga sejarah yang ada di Jordania. Diadakannya matrikulasi terlebih dahulu, agar peserta PIM bisa memiliki gambaran untuk kegiatan PIM di Jordania.

Selama peserta menetap di Jordania, peserta akan mendapatkan bimbingan hafalan quran dan bahasa arab. Salah satu praktik dalam bahasa arab yaitu peserta akan diminta untuk pergi berbelanja di pasar sekitar, sehingga mengharuskan berkomunikasi dengan warga sekitar. Selain kegiatan pembelajaran hafalan quran dan praktik bahasa arab, peserta akan mengadakan beberapa rihlah ke tempat-tempat bersejarah islam di Jordania. Beberapa tempat bersejarah islam yang  biasanya didatangi oleh peserta PIM yaitu Ajloun Castle, Laut Mati (melihat napak tilas Perjuangan Nabi Musa menuju Tanah Palestina), Petra dan lain sebagainya.

Dengan diadakannya Program Internasional Madani ini bertujuan untuk lebih intensif dalam menghafal Al Quran dan praktik bahasa arab, juga bisa lebih mendalami sejarah islam yang ada sesuai dengan kalam Allah di Al Quran. Selain itu, bagi santri yang sudah menyelesaikan hafalan Al Quran dan lulus test maka akan mendapatkan sanad dan sertifikat.