Rangkaian Dauroh Tarbawi Kelas 9 Santri SMP NFBS Lembang

14 Oktober 2017 19:39 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI

pkd coverDauroh Tarbawi ini merupakan kegiatan yang biasa dilaksanakan pada akhir pembelajaran setelah UN Selesai. Dauroh Tarbwai di akhir proses pembelajaran sebelum pulang di peruntukan santri kelas 9 ataupun kelas 12. Adapun Dauroh Tarbawi untuk kelas 9 SMP NFBS Lembang tahun ini adalah sebagai berikut:

1.Mukhoyam Leadership 16-18 Mei 2014 

2.PKD tanggal 23-25 Mei 2014

3.Dauroh Tarqiyah 27-30 Mei 2014

Mukhoyyam ini merupakan kegiatan untuk memantapkan kemandirian, kepemimpinan, dan Kreatifitas Tholib dan Tholibah kelas 9 yang akan Lulus. Mereka dilatih untuk hidup survival dalam kehidupan nyata. Kegiatannya berupa masak dengan kayu bakar, santri diberikan materi tentang survival, pelatihan P3M (pertolongan pertama pada masalah), camping, dan Simulasi perang.

Setelah pelaksanaan Mukhoyam selesai santri kelas 9 Tholibah dilanjut mengikuti kegiatan selanjutnya dalam rangkaian Dauroh Tarbawi yaitu PKD. PKD (Praktek Kerja Dakwah) ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan pesantren dalam rangka Dauroh Tarqiyah, sehingga ini menjadi pembeda dari kegiatan dauroh tarqiyah sebelumnya. PKD dilaksanakan dengan tujuan untuk aplikasi kepekaan santri pada masyarakat dan agar tumbuh pada diri santri kesadaran dakwah untuk masyarakat. Bentuk kegiatannya di hari pertama Tholib Tholibah melakukan kerja bakti membersihkan tempat-tempat umum baik mesjid, jalan, dan lainnya. Hari Kedua Tholib santri tholib masih bersih-bersih, sedangkan santri tholibah berkebun, dan mengajar TPQ. Dan hari ketiga pengabdian di rumah nenek Jompo yang berada di RW 04, sedangkan santri tholib melakukan praktek berternak.

Dauroh Tarqiyah bertujuan untuk peningkatan tarbiyah santri. Kegiatannya kajian intensif yaitu membedah hadist arbain kedua sebanyak 8 sesi (iman, islam, ihsan, ciri kiamat dan adab). Pada Tanggal (27/05/14) seluruh santri kelas 9 mengikuti kegiatan Aksi pembebasan Al-Aqsho dengan longmarch dari pusdai sampai jalan asia afrika. Selanjutnya sebelum pulang santri kelas 9 mengadakan kegiatan Rihlah Tarbwai bersama Murobbi (Pembina) ke cileat Subang pada hari Kamis kemarin, dan Kegiatan dauroh tarbawi ditutup oleh Mudir pada hari pukul 08.00 s.d selesai.

pkd gunung

pkd 4 pkd 3 pkd 5

dt1 dt2

dt3 dt4