Sains di Sekitar Kita “Mengenal Teknologi Sederhana Pada Produk Lokal”

14 Oktober 2017 19:39 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI

Hari Selasa (21/5 2013) sebanyak 13 orang tholibah SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang, yang tergabung dalam MOLISCH (Moeslema Scientist Chemists) mengunjungi pabrik tahu lokal di sekitar sekolah, yaitu Pabrik Tahu Hikmah. Meskipun lokal tapi citarasa tahu ini cukup bersaing di pasaran.

Tahu yang biasa jadi makanan sehari-hari orang Indonesia ternyata sangat sederhana proses pembuatannya. Dengan berbekal susu kedelai dan memperhatikan keasaman dalam proses pembentukannya sudah dapat menghasilkan tahu. Dalam waktu kurang lebih satu jam sudah dapat menyulap kedelai menjadi tahu. Dengan didasari ilmu pengendapan, filtrasi, termokimia dan lain sebagainya, menjadi pokok penelitian tim MOLISCH ini.

Pada proses pembuatan tahu, kita dapat mengetahui bahwa terjadi reaksi kimia yaitu reaksi pemecahan glukosa (C6H12O6) menjadi etanol (2C2H5OH) dan karbon dioksida (CO2) yang bertujuan untuk melunakkan kedelai. Sehingga kedelai memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Sehingga tahu dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan.