Santri Nurul Fikri Lembang Mengukir Prestasi di Husnul Khotimah Kuningan

14 Oktober 2017 19:39 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI

Kuningan - Santri Nurul Fikri Lembang ikut berpartisipasi dalam perlombaan yang diadakan oleh ponpes Husnul Khotimah Kuningan (Jumat-Ahad, 10-12 Januari 2014). Lomba yang diikuti oleh para peserta se-Jawa Barat dan Jabodetabek.

Lomba yang diikuti oleh santri SMA adalah lomba Eksperimen Ilmiah yang diwakili oleh Alley Brillia, M. Ahnaf Hafiz dan M. H. Aryandha dan Debat Bahasa Indonesia yang diwakili oleh Moeslim Al-Rasyid, M. Ahnaf Hafiz dan Pradityo Adi W. Sedangkan lomba yang diikuti oleh santri SMP adalah lomba Cerdas Cermat dan Essay.
Di hari pertama perlombaan, Tim Eksperimen Ilmiah NFBS Lembang mendapatkan respon yang positif dari dewan juri atas hasil eksperimennya. Tim Eksperimen Ilmiah memaparkan hasilnya tentang pemanfaatan elektrolisis untuk menghasilkan oksigen murni.


Di tempat lain, Tim Cerdas Cermat NFBS Lembang harus menyerah di babak penyisihan.

Tim Debat Bahasa Indonesia dan Essay akan berlaga di hari kedua perlombaan. Tim Debat Bahasa Indonesia di perdelapan final cukup mendapatkan perlawanan sengit dari tim lawan, dengan materi yang menguntungkan tim NFBS Lembang karena berada pada posisi kontra sehingga mendapat banyak referensi. 

Meskipun masih terlihat kelemahan dalam berargumentasi, Tim NFBS Lembang berhasil lolos ke perempat final. Di babak perempat final, Tim NFBS Lembang tidak mempunyai perlawanan sehingga setiap kali mengemukakan pendapatnya sering kali dipatahkan oleh tim lawan. Sehingga hasilnya dapat ditebak, Tim NFBS Lembang kalah dalam perempat final.


Lomba Essay yang diwakili oleh Ikhlas Tawazun dengan judul Peranan Pemuda Muslim Dalam Menghadapi Tantangan Zaman sebenarnya mampu menjelaskan dengan apik dari apa yang disampaikannya. Namun dewan juri mempunyai pandangan yang berbeda, diantaranya tidak dijelaskan beberapa contoh dan solusi yang disampaikan. Dan lomba ini juga diikuti dari tingkat SMA. Hasilnya Ikhlas Tawazun belum berhasil.


Alhamdulillah, Tim NFBS Lembang tidak pulang dengan tangan hampa. Setelah dipastikan Tim Eksperimen Ilmiah mampu merebut juara kedua. Allahu Akbar. 

*Oleh: Ust. Yogi Grasandhi