Studi Lapangan Eskul KIR Sains SMA ke KEBUN PERCOBAAN MANOKO Lembang

14 Oktober 2017 19:38 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI

 

 

Ekstrakulikuler KIR Sains Kimia SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang pada hari Jum’at (16/11/2012) dan Sabtu (17/11/2012) kemarin telah melakukan perjalanan ke KEBUN PERCOBAAN MANOKO Lembang. KIR Sains Kimia tholibah berangkat pada hari Jum’at dan tholib berangkat hari Sabtu. Tujuan KIR Sains Kimia SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang mengunjungi KEBUN PERCOBAAN MANOKO ini adalah untuk belajar fitokimia dan melihat proses pembuatan minyak atsiri.

KEBUN PERCOBAAN MANOKO Lembang merupakan bagian dari Balai Penelitian Tanaman Obat dan Rempah ( BALITRO) Bogor. Kebun seluas 20 hektar ini ditanami berbagai macam tanaman obat, rempah dan komoditi pangan lainnya seperti kacang macademia dan pemanis alami. Kami disambut baik oleh pak Maman, teknisi lapangan Manoko yang kemudian menjadi guide kami. Pak Maman dengan sabar menjelaskan satu per satu nama tanaman yang ada di sana beserta manfaat atau bahayanya. Kami diajak berkeliling dari satu lokasi tanaman ke lokasi yang lain.

peserta melihat proses pembuatan minyak atsiri dari serai wangi. Proses pembuatannya menggunakan prinsip destilasi. Kami bertanya sebanyak-banyaknya tentang proses destilasi ini karena kami akan mencoba membuatnya dalam skala kecil di laboratorium sekolah nanti. Sebelum pulang, tak lupa kami ucapkan terima kasih pada pak Maman yang telah menjelaskan banyak hal sehingga kami memiliki ilmu baru tentang zat kimia dalam tanaman dan bagaimana mengolahnya.