Tahfidzul Qur’an

14 Oktober 2017 19:38 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI

“Mencetak generasi Qur’ani” adalah tujuan dari divisi Tahfidzul Qur’an untuk para santri Pesantren Pendidikan Islam Madani. Seperti motto pesantren yaitu “Sholeh, Cerdas dan Mampu Memimpin”, divisi ini mempunyai keunggulan untuk merealisasikan motto sholeh salah satunya dengan mendidik para santri untuk senantiasa dekat dengan Al-Qur’an.

Dalam satu tahun santri di didik untuk menghafal dua juz. Diharapkan selama tiga tahun santri mampu menghafal enam Juz. Namun saat pesantren ini didirikan pada tahun 2010 sudah ada santri yang hafal enam sampai tujuh Juz. Para santri adalah anak-anak SMP dan SMA. 

Sejak pesantren didirikan para santri telah memenangkan berbagai perlombaan tahfidz. Pada perlombaan tahfidz se Kecematan Lembang yang diadakan oleh Al-Amanah Lembang, santri Pesantren Pendidikan Islam Madani Lembang telah memenangkan juara pertama dan kedua.

Selain di berikan praktek langsung berupa setoran hafalan, para santri juga di berikan teori-teori tentang pembelajaran Al-Qur’an. Pembelajaran itu diantaranya tahsin Al-Qur’an.

Para santri dibuat ke beberapa kelas untuk memudahkan pembelajaran Al-qur’an sesuai kapasitas para santri tersebut. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mereka dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an.

Selain pembelajaran berupa teori dan penyetoran hafalan, divisi Tahfidzul Qur’an juga mengadakan daurah Qur’an dan Mukhayam. Berbagai metode pembelajaran dan kegiatan yang dilaksanakan tentunya tiada lain untuk memudahkan pembelajaran para santri.

Struktur Divisi Tahfidzul Qur’an :

 Amanah Ustadz/ah Foto
 Kepala Tahfidz  Ust. Fathur Rahman, S.Pd.I, (AL-Hafizh)
 Wakil Ketua 

 Ust. Awaluddin, S.Pd.I

(Al-Hafizh)

 
 Bendahara

usth. Siti Rosyidah,S.ST

(Al-Hafizhoh)

 
Sekretaris

 Ust. Luthfi Anshori,

(Al-Hafizh)

 
 Koordinator Tahsin, ibadah, dan kedisiplinan Tholib

 Ust. Awaluddin, S.Pd

(Al-Hafizh)

 
 Koordinator Tahsin, Ibadah dan kedisiplinan 

 Usth. Susilawati,

(Al-Hafizhoh)