Talk Show Sains dan Teknologi dengan Guru Besar dari Universitas Yamaguchi Jepang

14 Oktober 2017 19:39 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI

Nurul Fikri Lembang mengadakan Talk Show yang mengundang Professor dari Universitas Yamaguchi Jepang yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Islam Negeri Jakarta. Peserta yang mengikuti seminar ini kurang lebih 400 peserta dari berbagai kalangan, diantaranya Santri Nurul Fikri, siswa dari sekoah-sekolah se KBB, Mahasiswa dari beberapa Universitas di Bandung seperti ITB, UNPAD, UPI, dan beberapa Dosen dari Fakultas Kedokteran. Talkshow ini bertemakan “The Role of Scientific & Technology Research in Developing the Education Quality & Social Prosperity”.

Pemateri Talkshow adalah  Prof. Yukio Hattori, M.D, Ph.D yang merupakan salah satu ahli hematologi dunia sekaligus Vice President dari Yamaguchi University, serta hadir juga Ibu Dr. Rini Puspitaningrum, M.Biomed dosen Universitas Negeri Jakarta, Ibu Drg. Laifa Annisa Hendarmin,Ph.D , dan Asisten dari Prof Hattori.  

Talkshow ini dimulai dari pukul 08.00, dilanjut materi dari pukul 09.30-11.00, dan ditutup dengan hiburan oleh asisten Profesor Hattori yang bisa menyelesaikan rangkaian kubik yang tidak beraturan menjadi beraturan dalam waktu kurang dari 3 menit.

Inti materi yang disampaikan oleh Prof. Hattori kurang lebih berisi 2 hal, yaitu tentang Profil Yamaguchi Unversity dan penelitian tentang hemoglobin darah yang pernah dia lakukan di Jepang. Setelah materi selesai, diadakan diskusi Tanya jawab. Peserta antusias bertanya dan dijawab oleh Prof. Hattori. Selain Prof Hattori, Ibu Rini yang memberikan Prolog di awal menjawab beberapa pertanyaan juga dari Peserta tentang beberapa kasus seputar Darah dan peluang pelajar Indonesia untuk Kuliah di Jepang.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan motivasi anak-anak supaya menyukai dunia science. Salah satu visi Nurul Fikri yaitu Cerdas merupakan aspek yang bisa dijabarkan Luas termasuk cerdas dalam keilmuan science. Walaupun tidak semua orang menyukai Science, tapi disini pemateri menyampaikan bahwa science itu mudah. Science itu menyenangkan. Sehingga jangan takut untuk menjadi scientist. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk Memberitahukan kepada masyarakat bahwa SMAI NFBSL juga peduli terhadap perkembang ilmu sains dan teknologi.