Workshop Penyusunan Key Performance Indicator (KPI) BATCH 2
!!!
Penulis : Mohammad Robby Rodhiya
Lembang, 02 Desember 2020 – Secara umum di tengah kondisi pandemik covid-19 yang
penuh tantangan dan perubahan yang dinamis, NFBS Lembang terus berupaya untuk mengoptimalkan
kinerja di semua bidang. Sehingga, lembaga bisa bertahan dalam peningkatan
produktivitas dan pemenuhan target dari rencana strategis yang sudah ditetapkan
sebelumnya. Lembaga pun senantiasa menyelaraskan perkembangan dimasa kini agar
selalu siap dalam menghadapi tantangan sekaligus peluang dimasa depan.
Namun, harus diakui,
saat ini tuntutan perubahan memang semakin kompleks, sehingga membutuhkan
penanganan yang detail dan terukur untuk peningkatan kinerja lembaga agar terus bertumbuh dan terintegrasi
sesuai dengan rencana strategis lembaga. Maka daripada itu, kinerja SDM yang
bekerja di lembaga juga harus diukur dan memiliki target dalam pekerjaannya
sehingga dapat membantu tercapainya target dari lembaga.
Kinerja diukur untuk mengetahui sejauh
mana tujuan telah direalisasikan, sehingga lembaga bisa bertindak cepat untuk
mengambil sebuah keputusan. Dengan mengetahui hasil pengukuran kinerja,
simpul-simpul penyebab rendahnya kinerja dapat diketahui, sehingga bisa segera
diperbaiki, baik karena kelambatan maupun penyimpangan yang terjadi.
Sehubungan dengan hal tersebut maka Departemen
HRD mengadakan Workshop Penyusunan Key
Performance Indikator (KPI) sebagai salah satu dari 4 aspek dalam performance
appraisal (PA) kualitas SDM NFBS Lembang.
“Peningkatan kualitas menjadi suatu tujuan
untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual thinking dan moral para
pegawai. Sebuah lembaga harus memiliki indikator kinerja sebagai panduan
keputusan untuk pencapaian tujuan dan target lembaga, salah satunya dengan
menggunakan Key Performance Indicator (KPI).” (Wasistono, 2012)
Dalam Workshop Penyusunan KPI Batch 2
ini, Departemen HRD mengundang seluruh pimpinan yang ada di bidang keasramaan,
BPS dan tahfidz NFBS Lembang pada hari Rabu, 02 Desember 2020 bertempat diruang
kelas Tholibah 2 SMPI NFBS Lembang. Departemen HRD juga akan mengundang
pimpinan di Departemen-Departemen Pelayanan dan Pengembangan lembaga untuk
mengikuti Workshop Penyusunan KPI di batch yang ke 3.
Workshop penyusunan KPI ini dibuka oleh
Manager Departemen HRD NFBS Lembang, ust. Gungun Gunawan, Lc. Beliau
menyampaikan bahwa untuk menuju lembaga yang professional, maka dalam melakukan
sebuah proses pekerjaan harus mempunyai tujuan dengan capaian target yang harus
terus dikembangkan, sehingga dari sana terdapat progres, proses monitoring dan
diakhiri dengan evaluasi yang terus diuji dan diawasi kelayakannya.
Maka daripada itu, cascading KPI ini
harus melalui proses KPI yang berurutan dari tingkat yayasan ke tingkat direktorat,
dan dari tingkat direktorat ke departemen. Tujuannya untuk menyelaraskan tujuan
rencana strategis lembaga dengan bidang-bidang yang berada dibawahnya.
Dari sinilah pentingnya peran dan tugas
pimpinan untuk memonitoring KPI dan
terus melakukan proses people development,
karena pimpinan lah yang lebih tahu kearah mana dan kompetensi seperti apa yang
harus diberikan kepada timnya.
“KPI berisi arahan, tolok ukur, target, dan
kerangka waktu yang dirancang sebagai alat ukur kinerja SDM secara utuh yang terukur, terstruktur dan teratur dengan
memperhatikan 4 hal dalam pencapaian indikator kinerja yaitu quantity, quality,
cost dan delivery, yang harus disajikan dalam bentuk angka (kuantitatif), yang harapannya adalah dapat berdampak
pada pengelolaan lembaga dan upaya perbaikan kinerja.” pungkas beliau.
Pada sesi kedua workshop, peserta mulai
melakukan penyusunan KPI yang dipandu oleh ustadzah Nur Upik, S.Si selaku
Kepala Bidang Kinerja dan Pengembangan SDM (KPSDM), Departemen HRD NFBS Lembang.
Beliau mengatakan bahwa ada 5 tahap dalam pelaksanaan teknis pembuatan KPI,
yaitu review WIG’S organisasi, review job
description, tentukan KPI, kemudian tentukan targetnya, dan yang terakhir menentukan
bobotnya.
Tahap review job description sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu, sehingga
pada saat pelaksanaan workshop KPI kemarin, para anggota workshop KPI mulai
melakukan tahap selanjutnya yaitu menyusun KPI, menentukan target, menentukan
bobot dan yang terakhir menentukan polaritas.
“Setiap
pimpinan bertanggungjawab untuk menyusun job description kepada tim yang berada
dibawahnya, sebab dari job description ini lah yang nantinya akan menjadi acuan
untuk penyusunan KPI dalam pencapaian sasaran kinerja tim dibidangnya yang
selaras dengan tujuan lembaga”
Ujar beliau.
Dalam sesi ini, peserta workshop juga
dibekali dengan 5 pedoman dalam penyusunan KPI, yaitu specific, measurable, achievable, relevant, dan time bound yang kemudian disingkat sebagai SMART. Bahkan jika
penyusunan KPI ini sudah mencapai tahap penilaian dan evaluasi, inshaAllah 3 aspek
penilaian kinerja (performance appraisal) lainnya akan segera disosialisasikan,
yaitu enrichment, penilaian kehadiran
(ontime), dan core value (C.I.T.A).