WORLD SCOUT JAMBOREEE 25

20 September 2023 11:58 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI WORLD SCOUT JAMBOREEE 25

SaeManGeum, Korea Selatan

Jamboree Pramuka Dunia ke-25

Diselenggarakan oleh Organisasi Gerakan Kepanduan Dunia, Jamboree Kepanduan Dunia adalah perkemahan pemuda terbesar di dunia yang diadakan setiap empat tahun sekali. Puluhan ribu pemuda dari 150 negara berbagi budaya, pengalaman, dan persahabatan serta menerapkan kewarganegaraan global yang nyata. Korea memenangkan tender untuk Jamboree Kepanduan Dunia ke-25 pada Konferensi Kepanduan Dunia ke-41 di Baku, Azerbaijan pada Agustus 2017.

Jamboreee dunia ke 25 diadakan di SaeManGeum Korea Selatan dengan tema “DRAW YOUR DREAM” . Pada tanggal 30 Juli sampai 31 juli kami mulai berangkat ke Cibubur untuk melaksanakan pelepasan peserta Jamboreee Dunia kontingen Indonesia. Setelah dari Cibubur kami langsung berangkat ke bandara internasional Soekarno Hatta untuk terbang ke Korea selatan. Kita sampai di Incheon Airport tanggal 1 Agustus.

            Kamipun mulai bertemu dengan peserta jamboree dari berbagai negara seperti Brazil, Prancis, dan lainnya. Kita juga sudah mulai berbaur dengan teman teman regu. Dari Incheon Airport kami langsung pergi ke SaeManGeum untuk mulai berkemah.

            Di sana kami diberi fasilitas perkemahan yang sangat lengkap, seperti tenda, matras, makanan dan masih banyak lagi. Dilanjutkan dengan opening ceremony di main stage dengan penampilan budaya Korea yang sangat beragam seperti tarian samulnori dengan keunikan gerakan yang diikuti dengan baju yang mendukung.

            Namun karena adanya Heat Waves yang menyebabkan suhu sampai 39 derajat celcius, untungnya para panitia Jamboreee dunia sigap dan dengan baik hati memberikan kami banyak air es dan juga kipas yang cukup besar. Tetapi ada juga kondisi cuaca yang tidak menyenangkan lagi, pada 4 Agustus 2023. Korea Selatan bersiap mengevakuasi puluhan ribu pramuka dari lokasi jamboree pesisir saat badai tropis Khanun mengancam. SEOUL, Hujan lebat dari topan Khanun mulai mengguyur Pulau Kyushu, Jepang. Kami sangat mengapresiasi para panitia jamboree karena sudah sangat sigap dengan adanya itu. Kontingen Indonesia di evakuasi di Iksan, Wonkwang University. Kegiatan jamboree tidak dihentikan melainkan diganti oleh kegiatan city tour yang menyenangkan.

            Closing ceremony diadakan di Seoul World Cup Stadium dengan berbagai konser kpop! Kpop idol yang tampil disana ada  NewJeans, NCT DREAM, ITZY, MAMAMOO, THE BOYZ, Shownu X Hyungwon MONSTA X, fromis_9, ZEROBASEONE, Kang Daniel, Kwon Eun Bi, Jo Yu Ri, P1Harmony, KARD, THE NEW SIX (TNX), ATBO, xikers, Libelante dan dance crew HolyBang.  Acara ini akan dibawakan bersama oleh aktor Gong Myoung, Yuna ITZY dan Hyein NewJeans dan disiarkan langsung di KBS dan saluran YouTube-nya.

KPOP SUPER LIVE~       

Reporter Khalisha Zahira Latifahasna  dan Aimee Reema Chairana.