parallax background

Pendidikan Al-Qur'an dan Kepesantrenan

Landasan dan Latar Belakang

D-PAK2 dibentuk sebagai bagian integral dari Direktorat Pendidikan di bawah Yayasan Pesantren Pendidikan Islam Madani yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan kepesantrenan yang holistic, modern, kreatif dan inovatif serta komprehensif. Dengan tantangan zaman yang semakin kompleks, diperlukan pembinaan yang berfokus pada penguatan karakter Islami, kompetensi Al-Qur'an, dan keilmuan modern.

Sebagai lembaga yang berorientasi pada visi besar yayasan, D-PAK2 memiliki peran strategis dalam memberikan pendampingan dan pembinaan santri di luar jam sekolah full day (07.30 - 15.30) dengan total aktivitas selama 16 jam. Program-program D-PAK2 dirancang dengan pendekatan menyeluruh yang melibatkan kegiatan akademik, spiritual, dan sosial untuk memastikan setiap santri dapat mencapai target yang ditetapkan. Dengan dukungan tenaga pendidik yang kompeten dan program berbasis pada keunggulan proses dan keunggulan prodak atau hasil, D-PAK2 bertujuan mencetak santri unggul yang mampu bersaing di kancah global tanpa meninggalkan nilai-nilai syar'i.

 

Visi

Menjadi departemen yang membangun dan menjaga serta mengembangan keunggulan pendidikan Al-Qur’an dan karakter kepesantrenan di bawah Direktorat Pendidikan yang berkontribusi dalam pembentukan generasi sholeh, memiliki pemahaman syar'i, menguasai sains dan teknologi, serta mampu memimpin, melalui pembinaan dan pendidikan berbasis Al-Qur'an dan nilai-nilai kepesantrenan.

Misi

Menciptakan Lingkungan Pendidikan Islami

Menyelenggarakan sistem pendidikan yang kondusif untuk pembentukan pribadi sholeh dengan pendekatan pembinaan 24 jam di lingkungan boarding.

Mengintegrasikan Keilmuan dengan Nilai Syar'i

Mengembangkan generasi yang memiliki pemahaman syar'i dan kompetensi dalam ilmu pengetahuan serta teknologi, sehingga tercapai keseimbangan antara keduanya.

Membentuk Pemimpin Masa Depan

Melalui program pembinaan karakter, santri dilatih untuk memiliki jiwa kepemimpinan, kecerdasan emosional, serta tanggung jawab sosial yang tinggi.

Mendorong Dakwah dan Kontribusi Sosial

Membentuk lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki semangat dakwah keumatan dan berkontribusi dalam menciptakan masyarakat madani.

Tujuan

  1. Membentuk santri yang memiliki karakter sholeh dengan pemahaman syar'i yang relevan pada ruang pengembangan keunggulan peserta didik.
  2. Mengembangkan generasi yang unggul dalam hafalan Al-Qur'an, penguasaan ilmu agama, serta karakter kepemimpinan global yang Islami.
  3. Mengintegrasikan pendidikan keislaman dengan sains dan teknologi untuk membekali santri menghadapi tantangan global.
  4. Menanamkan nilai-nilai dakwah dan kepedulian sosial sebagai bentuk kontribusi nyata kepada masyarakat.

Target

Dalam pemenuhan target D-PAK2 maka mebagi bobot target pada 4 bidang yang memiliki fokus konsentrasi masing-masing sbb
Asrama

Pembinaan Asrama (BPA)

Memberikan pendampingan 24 jam untuk mendukung pembentukan karakter Islami, disiplin, dan kemandirian santri SMP-SMA. Kegiatan harian mencakup pada pembinaan kepribadian (personal competence), kemandirian, penguatan ibadah, dan program mentoring personal yang berfokus pada pembentukan karakter Islami.
BPS

Pembinaan Santri (BPS)

Menyelenggarakan pembelajaran Ulumusy Syar'i dan pembentukan karakter keislaman melalui pengajaran yang terstruktur dan menyeluruh. Kegiatan ini meliputi penguasaan kitab kuning, fiqih, akhlak, serta program penanaman nilai syar'i dalam kehidupan sehari-hari.
Kepesantrenan

Pendidikan Al-Qur'an (BPQ)

Menghasilkan santri dengan hafalan Al-Qur'an minimal 6 juz mutqin serta karakter Qur'ani yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Proses ini didukung oleh sistem evaluasi hafalan, tahsin, dan tahfidz yang disusun secara profesional dengan target pencapaian bertahap.
Kepesantrenan

Pengembangan dan Informasi Administrasi (BP-IA)

Melakukan pengelolaan data santri, pengembangan program D-PAK2, analisis hasil belajar, dan penyampaian laporan kepada wali santri. Juga sebagai penghubung komunikasi internal dan eksternal untuk meningkatkan mutu pelayanan. Selain itu, BP-IA bertanggung jawab dalam menyusun dokumentasi perkembangan santri yang terintegrasi dengan sistem digital, memudahkan akses informasi bagi seluruh pihak terkait

Posisi dan Fungsi

Pusat pembinaan karakter Islami yang menyeluruh melalui pendekatan edukasi, pembiasaan ibadah, dan penanaman nilai-nilai moral.

Penyedia program pendidikan Al-Qur'an yang unggul dan terukur melalui metode yang inovatif dan berbasis proses yang optimal.

Penghubung antara santri, wali santri, dan pihak Direktorat dalam menyampaikan hasil pembelajaran dan evaluasi melalui laporan komprehensif dan interaktif.

Pelopor pengembangan pendidikan kepesantrenan yang relevan dengan kebutuhan zaman melalui pengintegrasian teknologi, inovasi kurikulum, dan kolaborasi strategis.

Galeri Foto Kegiatan