Workshop Penyusunan Key Performance Indicator (KPI) Nurul Fikri Boarding School Lembang - Batch 1

09 November 2020 02:21 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI Workshop Penyusunan Key Performance Indicator (KPI) Nurul Fikri Boarding School Lembang - Batch 1


Penulis : M. Robby Rodhiya

Lembang, 02 November 2020 - Peningkatan kinerja lembaga adalah hal yang wajib dilakukan agar terus bertumbuh dan terintegrasi sesuai dengan tujuan lembaga. Tidak hanya lembaga, SDM yang bekerja di lembaga tersebut juga harus memiliki target dalam pekerjaannya sehingga dapat membantu tercapainya target dari lembaga itu sendiri.

Maka daripada itu, diperlukannya alat ukur kinerja yang diharapkan dapat berdampak pada pengelolaan lembaga untuk merancang keunggulan kinerja SDM serta menilai upaya perbaikan kinerja.

Sehubungan dengan akan diadakannya penilaian kinerja kepada seluruh SDM NFBS Lembang, Departemen HRD mengadakan Workshop Penyusunan Key Performance Indikator (KPI) sebagai salah satu dari 4 aspek dalam penilaian kinerja SDM NFBS Lembang.

Dalam Workshop Penyusunan KPI Batch 1 ini, Departemen HRD mengundang seluruh pimpinan yang ada di lingkup SMPI dan SMAI NFBS Lembang pada hari Senin, 02 November 2020 bertempat di Resto Tholibah 2. Departemen HRD juga akan mengundang pimpinan bidang lainnya untuk mengikuti Workshop Penyusunan KPI di batch selanjutnya.

“Key Performance Indicator (KPI) adalah ukuran berskala dan kuantitatif yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja organisasi dalam tujuan mencapai target organisasi” (Banerjee, J. & Buoti, C. 2012. General specifications of KPIs. International Telecomunication Union.)

Workshop penyusunan KPI ini dibuka oleh ust. Gungun Gunawan, Lc selaku Manager Departemen HRD NFBS Lembang.

“Workshop penyusunan KPI dirancang untuk meningkatkan pemahaman mengenai pengukuran kinerja dan membantu dalam penyusunan strategi implementasi pengukuran kinerja dengan keunggulan proses yang terstruktur, teratur dan terukur serta melatih dalam penyusunan atau cascading indicator KPI Bidang dan KPI individu.”, pungkas beliau.

Materi workshop terdiri dari pengenalan konsep Leader is HR Manager dan Key Performance Indicator, proses penyusunan KPI dan penyelarasan ke seluruh bagian sub bidang, serta strategi implementasi Performance Management System.

Setiap pimpinan bertanggungjawab untuk menetapkan job description dan sasaran kinerja yang jelas, mengatur dan mengawasi proses kerja dalam pencapaian sasaran kinerja serta mengevaluasi pencapaian sasaran kinerja. Maka daripada itu, pentingnya peran dan tugas pimpinan untuk memonitoring  KPI dan terus melakukan proses people development, karena pimpinan lah yang lebih tahu kearah mana dan kompetensi seperti apa yang harus diberikan kepada timnya.

Pada sesi kedua workshop, peserta mulai melakukan penyusunan KPI yang dipandu oleh ustadzah Nur Upik, S.Si selaku Kepala Bidang Kinerja dan Pengembangan SDM (KPSDM), Departemen HRD NFBS Lembang.

“Hasil dari workshop ini diharapkan dapat memperlancar implementasi serta pencapaian target dan bobot dari KPI itu sendiri, sekaligus sebagai salah satu momentum sinergi antarstruktur organisasi di masing-masing bidang untuk terus memantau target KPI yang sudah dibahas dan disetujui secara bersama-bersama.”

Dalam sesi ini, peserta workshop juga dibekali dengan 5 pedoman dalam penyusunan KPI, yaitu specific, measurable, achievable, relevant, dan time yang kemudian disingkat sebagai SMART. Bahkan jika penyusunan KPI ini sudah mencapai tahap penilaian dan evaluasi, inshaAllah 3 aspek penilaian kinerja lainnya akan segera disosialisasikan, yaitu enrichment, penilaian kehadiran, dan core value (C.I.T.A).