Pelatihan Pembina Asrama: Strategi Membangun Konseling yang Efektif Bersama Ust. Andri Yulian Christiyanto
3 May 2025
The Runner Up for Your World Movie Competition (YWMC) 2024/25 British Council  
3 May 2025

3 May 2025

MUSABAQAH HIFZHIL QUR’AN (MHQ)

Allah Ta’ala berfirman dalam QS. Al Qamar (54): 17, 22, 32, dan 40 yang berbunyi:

 

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْاٰنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُّدَّكِرٍ ۝١٧

“Sungguh, Kami benar-benar telah memudahkan Al-Qur’an sebagai pelajaran. Maka, adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”

Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh Al Qur’an adalah ayat-ayatnya mudah untuk dihafal, mudah untuk dipelajari, dan insyaallah mudah untuk dijadikan pedoman hidup. Dan memang hadirnya islam sebagai agama dan aturan hidup yang dibawa oleh Baginda Nabi Muhammad m adalah untuk menghadirkan kemudahan bagi manusia.

Nurul Fikri Boarding School Lembang adalah salah satu lembaga pendidikan yang terpadu dan terintegrasi di dalamnya, antara pendidikan ilmu-ilmu umum dan juga ilmu-ilmu agama. Dimana dalam menjalani kehidupan ssehari-hari para peserta didik tentu membutuhkan keduanya. Dan yang terpenting sebagai landasan keduanya adalah karakter yang kuat sebagai seorang muslim.

Di sekolah ini menu pelajaran Al Qur’an menjadi salah satu ciri khas dan juga keunggulan. Di mana setiap hari para peserta didik akan duduk dalam halaqah-halaqah Al Qur’an. Mereka dibimbing bagaimana cara membaca Al Qur’an dengan baik dan benar, bagaimana cara berinteraksi dengannya, cara menghafalkannya dan menjaga hafalannya, serta yang terpenting tentu bagaimana kita bisa mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari. Kurikulum pendidikan Al Qur’an di sekolah ini memiliki setidaknya 7 (tujuh) aspek yang diharapkan akan bisa dipahami oleh para peserta didik dan bisa membantu mereka dalam berinteraksi dengan Al Qur’an. Aspek-aspek tersebut adalah:

  1. Aspek motivasi, memberikan semangat kepada para murid agar memiliki dan mampu memunculkan dorongan dari dalam diri terkait interaksi Al-Qur’an, dengan memberikan konten-konten motivasi tafsir/tadabbur ayat dan hadits. Motivasi dari sirah generasi salaf terdahulu dari Nabi Muhammad Saw., para sahabat, tabi’in dan ulama kontemporer. Dan juga motivasi dari cerita sukses para tokoh yang concern terhadap Al-Qur’an.
  2. Aspek tahsin, memberikan pelayanan pemetaan kemampuan baca Al-Qur’an para murid, dengan pola uji baca Al-Qur’an yang distandarisasi dengan Tujuh Kaidah Tilawah Dasar (7 KTD). Penguatan standar baca Al-Qur’an dengan penyampaian materi secara bertahap dan terukur, serta diperbanyak dengan latihan-latihan yang akan menstabilkan kualitas baca. Proses pelayanan tahsin ini akan berujung kepada tahap sertifikasi baca Al-Qur’an, dimana para murid yang bacaan Al-Qur’annya sudah melewati nilai KKM standar level dasar akan diberikan sertifikat baca Al-Qur’an level dasar.
  3. Aspek tilawah, memberikan pelayanan kepada murid terkait bimbingan tilawah yang difokuskan kepada penguatan implementasi standar baca yang sudah diperoleh pada tahap tahsin sebelumnya. Yang diperkuat pada mekanisme sistematika tilawah Al-Qur’an, dimana para murid akan diarahkan menjalankan wirid tilawah yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Proses ini berujung pada terwujudnya siklus khataman tilawah Al-Qur’an masing-masing murid yang teratur dan terukur.
  4. Aspek tahfizh, memberikan pelayanan menghafal Al-Qur’an yang dimulai dari pemetaan kondisi menghafal Al-Qur’an fokus kepada kendala, setelah terpetakan kemampuan menghafal masing-masing murid maka akan dikuatkan target skill hafalannya. Pengukuran skill hafalan yang diterapkan sesuai dengan periode target waktu masing-masing, awal, bulanan, triwulan, semesteran, hingga skill menghafal tahunan. Setelah skill hafalan terbentuk yang diawali dari pemetaan awal, akan dilanjutkan dengan pengawalan pencapaian target menghafal Al-Qur’an, yaitu 1 juz persemester dan 6 juz selama tiga tahun masa pendidikan murid di jenjang SMP maupun SMA. Adapun untuk kondisi-kondisi khusus yang bersifat akselerasi, maka tidak menutup kemungkinan diberikan pelayanan akselerasi menghafal hingga mencapai 30 juz atau target-target tertentu lainnya berdasarkan rekomendasi dan komunikasi.
  5. Aspek muraja’ah, memberikan pelayanan terkait bimbingan muraja’ah atau bagaiamana yang murid harus lakukan pasca menyetorkan hafalan baru mereka. Tentunya dimulai dari pengenalan sistematika muraja’ah itu sendiri, seperti apa muraja’ah yang tersistem itu sehingga para murid bisa menjalankan. Karena jika belum menganal sistemnya, murid akan menemukan kebuntuan dan kebosanan dalam proses muraja’ah. Setelah memahami sistem muraja’ah, para murid akan dihantarkan kepada pencapaian target skill muraja’ah yang notabenenya dua kali lipat dari skill menghafal. Sehingga jika mereka sudah mengetahui posisi skill muraja’ahnya, mereka akan bisa mencapai target-target muraja’ah yang ditentukan.
  6. Aspek mutqin, memberikan pelayanan terkait kelanjutan dari hafalan yang sudah dimuraja’ah. Diawali dari pengenalan sistematikan hafalan mutqin, pemahaman yang diharapkan dimiliki oleh para murid, cara menjaga agar hafalan mutqin tetap terjaga kemutqinannya tanpa harus berbenturan dengan realita kesibukan mereka yang lain. Hafalan mutqin adalah hafalan yang mampu dibaca oleh murid kapan saja tanpa harus mempersiapkan terlebih dahulu karena memang sudah mereka putar dalam siklus menjaga mutqin yang teratur dan terukur.
  7. Aspek Internalisasi Nilai Al-Qur’an, suatu pelayanan terkait internalisasi nilai-nilai Al-Qur’an yang akan mensupport capaian keshalihan spiritual para murid. Aspek ini menjadi aspek pamungkas yang kita harapkan akan mampu menjembatani para murid untuk menjadi seorang penghafal Al-Qur’an yang sejati. Yang denyut-denyut Al-Qur’an itu tidak hanya bergetar di leher dan lisan mereka saja, namun juga merasuk dalam reung hati dan menyejukkan ruhiyah mereka, memunculkan kekhusyuan dalam hati, menyejukkan orang lain yang memandangnya. Aspek ini menitiktekankan kepada penjagaan kesucian hati dan jasad. Indikator utama aspek INSAN ini adalah bersuci atau thaharah, shalat, dan dzikir. Tentunya dimulai dari pembekalan materi, pendampingan pelaksanaan, evaluasi implementasi lapangan, dan perbaikan kualitas INSAN ke depan.

Dari semua aspek di atas, dikemas dalam berbagai program, ada yang reguler dan ada juga yang tentatif. Di antara program tentatif dan menjadi keunggulan di bidang Al Qur’an adalah Program Musabaqah Hifzhul Qur’an ( MHQ).

Program Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ) ini merupakan sebuah program yang menjadi salah satu ajang untuk para peserta didik kita berkompetisi dalam menunjukkan kualitas hafalan Al-Qur’an mereka. Dimana dalam kegiatan ini, mereka akan berlomba-lomba dalam aspek hafalan Al-Qur’an, sesuai kategori dan pilihan yang mereka ikuti.

Tujuannya adalah sebagai berikut :

  1. Peningkatan dan penjagaan kemampuan standar baca Al-Qur’an.
  2. Peningkatan kemampuan Menghafal.
  3. Peningkatan mentalitas para penghafal Al-Qur’an.
  4. Penanaman kemampuan Menjaga dan mengulang Hafalan Al-Qur’an (Muroja’ah dan mutqin).
  5. Dan menginternalisasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan mereka.

Alhamdulillah program ini telah kita laksanakan di Nurul Fikri Boarding School lembang, tepatnya dari tanggal 14 sd 17 Oktober 2024. Kegiatan ini diadakan di GSG dan Mushalla untuk tahap kualifikasi dan di Masjid Shalahuddin Al Ayyubi untuk tahap final.

Alhamdulillah dan barakallah untuk para peserta dan juga pemenang pada MHQ kali ini:

 

JUARA MHQ 1 JUZ
JUARA Nama Kelas Kategori NIlai MHQ NIlai LCC Total Nilai
1 Dzaskia Nadia Inaroh 12 TBH 1 Juz 580 200 780
2 Alfath Javier Lapaso 11 TB 1 Juz 656 120 776
3 Khansa Azura Sakinah 7 TBH 1 Juz 590 150 740
4 Faris Avicenna Nugrah Safto 12 TB 1 Juz 571 100 671
5 M Tegar Raditya Suharto 8 TB 1 Juz 461 30 491
JUARA MHQ 2 JUZ
JUARA Nama Kelas Kategori Nilai MHQ Nilai LCC Total Nilai
1 Wishnu Priadi Yudistira Putra 8 TB 2 Juz 674 300 974
2 Irham Senna Alfathir 11 TB 2 Juz 585 330 915
3 Khadijah Aliyya Nurdin 9 TBH 2 Juz 671 671
4 Fareel Ahmad Syafiq Islaam 12 TB 2 Juz 480 20 500
5 Felycia Angelica Putri 11 TBH 2 Juz
JUARA MHQ 3 JUZ
JUARA Nama Kelas Kategori Nilai MHQ NIlai LCC Total Nilai
1 Muhammad Zaini Ikhsan Malibari 12 TB 3 Juz 584 330 914
2 Furqan Arrayyan 7 TB 3 Juz 674 100 774
3 Fakhri Abdi Maulana 11 TB 3 Juz 683 60 743
4 Talitha Alesha Danishara 12 TBH 3 Juz 581 140 721
5 Kanaka Olivia Andries 8 TBH 3 Juz 576 20 596