Keutamaan Puasa di Bulan Suci Ramadhan

29 Maret 2023 08:14 Di tulis oleh Admin ARTIKEL Keutamaan Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Ditulis Oleh: Siti Muna

Ummat muslim di dunia tengah melaksanakan puasa di bulan yang penuh keberkahan ini, yaitu di bulan suci Ramadhan. Pelaksanaan ibadah puasa ini sudah menjadi salah satu kewajiba bagi ummat muslim, hal ini dipertegas oleh Allah SWT pada salah satu ayat dalam Al-Quran yaitu, QS. Al-Baqarah ayat 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”

Dijelaskan dalam sebuah riwayat yang berasal dari Thalhah bin Ubaidillah RA, bahwa seorang datang kepada Nabi SAW dan bertanya, "Ya Rasulullah, katakan padaku apa yang Allah wajibkan kepadaku tentang puasa?" Beliau menjawab, "Puasa Ramadan". "Apakah ada lagi selain itu?". Beliau menjawab, "Tidak, kecuali puasa sunnah". (HR Bukhari dan Muslim)

Bagi umat muslim bulan suci ramadhan menjadi moment yang paling ditunggu-tunggu. Karena di bulan suci ramadhan ini banyak sekali keutamaan yang Allah SWT berikan yang tidak akan diberikan selain pada bulan suci ramadhan.

Bulan Al-Quran

Disebutkan sebagai bulan Al-Quran karena pada bulan ini selain ibadah shaum yang dijalankan juga memperbanyak interaksi dengan Al-Quran selama bulan suci ramadhan

Bulan Kesabaran

Selain menahan haus dan lapar, selama menjalankan ibadah shaum pun harus menahan kesabaran yang sekiranya dapat membatalkan shaum.