Merah Putih Berkibar di Pulau Lingayan

14 Oktober 2017 19:38 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI

TOLITOLI, KOMPAS.com  — Bendera Merah Putih pertama kali berkibar di Pulau Lingayan, Kecamatan Dampal Utara, Tolitoli, Sulawesi Tengah, Rabu (17/8/2011). Pengibaran bendera itu merupakan upaya penegasan kedaulatan salah satu dari 92 pulau kecil terluar di Indonesia tersebut sebagai wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Baru kali ini kami memperingati Hari Kemerdekaan RI dan mengibarkan bendera Merah Putih di Pulau Lingayan," kata Kamaradin (73), warga Pulau Lingayan, Desa Ogatua, Rabu.

Peringatan Hari Kemerdekaan RI yang digelar Tim Kerja Pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar Kementerian Kelautan dan Perikanan itu dipimpin Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto. Kegiatan itu dihadiri pula oleh Direktur Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Terkecil Kementerian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad.

Kementerian Kelautan dan Perikanan telah tiga kali menggelar peringatan Hari Kemerdekaan RI di pulau-pulau kecil terluar. Pada 2009, bendera Merah Putih dikibarkan di Pulau Marore, Sulawesi Utara; pada 2010 di Pulau Kisar, Maluku; dan pada 2011 di Pulau Lingayan yang berbatasan dengan Malaysia.

Sudirman mengatakan, kegiatan itu bertujuan membangun nasionalisme warga pulau-pulau kecil terluar sehingga mereka tidak mudah terpengaruh klaim negara tetangga. Kegiatan itu juga merupakan gerak Pemerintah Indonesia untuk menegaskan kedaulatan wilayah.

"Kami juga berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat pulau-pulau kecil terluar dengan membangun fasilitas air bersih; memberi bibit rumput laut, kapal, dan peralatan tangkap ikan; serta bakal membangun Pelabuhan Lingkar Terluar," ujar Sudirman.