SUKA CITA MENYAMBUT KELAHIRAN PRAMUKA

18 Agustus 2023 10:43 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI SUKA CITA MENYAMBUT KELAHIRAN PRAMUKA

Ditulis Oleh: Muhtarudin, M.Pd. MD.

suka cita Menyambut Kelahiran pramuka

Salam Pramuka ! Dirgahayu Gerakan Pramuka Indonesia ke 61, semoga semakin banyak melahirkan generasi pandu Pancasilais dan patriotis. Patriot yang TA-CI-PA-PA-RE-RA-HI-BE-DE-SU (akronim Dasa Darma) dalam bingkai Satya suci dari lubuk hati dan jiwa nan paling dalam.

Dalam momentum Dirgahayu Pramuka ini, penulis teringat Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan (MK) yang sudah di desain begitu apik para pendahulu Pramuka, sistem among untuk penumbuhan regenerasi terasa sangat cocok dengan dimensi belajar berdiferensiasi, Ing Ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.

♪♫ ‘kode kehormatan: belajar melakukan, sistem berkelompok, menarik dan menantang, di alam terbuka, hadir orang dewasa, tanda cakap, satuan terpisah. ♪♫.

Usia 61 tahun tentu sudah matang secara narasi dan kiprahnya, dan setiap era ada ciri khas nya, tentu di era digital dan moderen ini, gerakan pramuka perlu beradaptasi dengan kebutuhan zaman dengan tetap berpegang teguh pada PDK-MK nya, mempertahankan sistem lama yang baik, dan mengadopsi sistem baru yang lebih baik.

satyaku, ku darmakan

Dwi dan Tri Satya para insan Pramuka Indonesia, merupakan janji kesatria yang religius, berbakti, negarawan, dan jiwa tenggang rasa yang baik, semuanya di dedikasikan untuk negeri, bangsa dan kejayaannya. Sebuah kehormatan untuk senantiasa menjunjung tinggi janji setia dan harga diri seorang pandu sejati.

dharmaku, ku baktikan

Pengabdian Pramuka untuk sebuah kehormatan diri, organisasi dan institusi negara perlu dijunjung tinggi. Baik dihiasai dengan tepuk tangan atau bahkan sepi dari sanjung dan puji orang lain, karena pahala kebaikan tidak akan pernah salah alamat, pasti akan tertuju pada yang mengerjakannya denagn ikhlas dan tanpa pamrih.

 SDM profesional dan proporsional

Embrio Satya dan Dharma itu lah benih unggul sehat nya gerakan ini, dengan nya tercipta ekosistem sehat untuk terlahirnya SDM profesional dan proporsional, profesional dalam mengelola sumber daya untuk kebaikan bersama, dan proporsional dalam menyeimbangkan kebutuhan spitual, emosional dan sosial.