SUMPAH PEMUDA

25 Januari 2024 11:22 Di tulis oleh Admin ARTIKEL SUMPAH PEMUDA

Bandung Barat, Peringatan sumpah pemuda jatuh pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2023, dimana para santri SMPI Nurul Fikri Boarding School Lembang melaksanakan kegiatan hiking menuju Puncak Eurad dengan beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan di area tersebut untuk mengenang kembali semangat persatuan, kemerdekaan, dan nasionalisme.

Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (yang kini bernama Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Makna Sumpah Pemuda yang pertama adalah menyatukan perjuangan bangsa Indonesia.

Di Puncak Eurad kita melaksanakan beberapa kegiatan, mulai dari istirahat, makan, shalat, serta puncak kegiatan yang berupa penampilan-penampilan dari perwakilan santri, dan ditutup dengan perjalanan yang membangkitkan kembali semangat para santri dari lelahnya beraktvitas.

Puntak acara ini pun sampai dimana para perwakilan santri menampilkan penampilan-penampilan Bertema SUMPAH PEMUDA. Setelah penampilan, para santri membereskan kembali barang-barangnya lalu menuju ke tempat peristirahatan sejenak dimana kita melaksanakan shalat dan juga makan. Selama perjalanan menuju puncak para santri di bersamai oleh alam. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para santri dapat memaknai sebagai awal perjuangan dan untuk mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan.

 

Reportase: Khadijah Aliyya Nurdin, Diratasya Azzahra Purnama, Aliya Widyadhana Lutfunisa