Apel Pembukaan dan Halal Bihalal SMP-SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang

08 Mei 2023 08:27 Di tulis oleh Admin BERITA KAMI Apel Pembukaan dan Halal Bihalal SMP-SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang

Pada hari Senin, 8 Mei 2023, Sekolah Islam Madani SMP-SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang mengadakan apel pembukaan sekaligus halal bihalal sebelum memulai agenda akademik semester dua tahun ajaran 2022-2023.

Acara ini dihadiri oleh seluruh civitas akademik SMP-SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang. Apel ini diadakan sebagai bentuk penyambutan siswa-siswi SMP-SMA serta arahan yang langsung disampaikan oleh Direktur Akademik Sekolah Islam Madani, DR. Muhammad Damiri, M.Pd.


Dalam sambutannya, Direktur Akademik memulai dengan menggemakan tasbih, tahmid, tahlil, takbir, hauqolah serta shalawat. Beliau memberikan bekalan tentang keutamaan Adab dan Akhlaq. bahwasannya adab dan akhlak adalah bekal utama dalam kehidupan. 

Penting bagi kita semua untuk senantias membuka mata, telinga, dan hati saat mendengarkan pengajaran, karena itu adalah pintu masuk nasihat, kebaikan untuk kita. 

Sangat penting sebelum mengawali proses pembelajaran, melakukan langkah Awal dengan mensucikan diri dan melunakkan hati. karena Imam hasan Al-Bashri mengatakan orang menjadi sulit  untuk bangun dan menunaikan Qiyamullail karena banyak dosanya. serta beliau mengutip perkataan Imam Ahmad yang mengatakan, Sulitnya kebaikan masuk kepada diri seseorang karena banyaknya dosa. 

Direktur Akademik menegaskan bahwa tazkiyah lebih dutamakan sebelum menuntut ilmu. Allah SWT Berfirman :

وَیُزَكِّیهِمۡ وَیُعَلِّمُهُمُ ٱلۡكِتَـٰبَ وَٱلۡحِكۡمَةَ

apresiasi dan doa juga beliau sampaikan kepada para santri yang sudah kembali menuntut ilmu di pesantren ini. Beliau berharap agar seluruh santri dapat belajar dengan baik dan menjadi generasi yang Sholeh. 

Setelah sambutan dari Direktur Akademik Sekolah islam Madani, acara dilanjutkan dengan halal bihalal dan mushofahah antara asatidz dan para santri. Apel pembukaan ini merupakan momen yang penting bagi seluruh santri dan Civitas akademik untuk memulai semester baru dengan semangat yang baru. [HMH]