Bahasa Adalah Jendela Dunia

06 Mei 2024 09:52 Di tulis oleh Admin ARTIKEL Bahasa Adalah Jendela Dunia

Bahasa adalah jendela dunia

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ

سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Dalam Surah Al-Jumu'ah ayat 10 Allah SWT berfirman:

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ

وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung"

Tafsir wajiz menyebutkan bahwa; Apabila shalat wajib telah

dilaksanakan di awal waktu dengan berjamaah di masjid;

maka bertebaranlah kamu di bumi, kembali bekerja dan berbisnis; carilah karunia Allah, rezeki yang halal, berkah, dan melimpah dan ingatlah Allah banyak-banyak ketika shalat maupun ketika bekerja atau berbisnis agar kamu beruntung, menjadi pribadi yang seimbang, serta sehat mental dan fisik.

Bertebarnya kita sebagai seorang muslim keberbagai pelosok tempat, desa, kota, bahkan negara, baik itu untuk berbisnis, bekerja, belajar dan sebagainya yang tak kalah penting adalah bagaimana kita bisa menjalankan kewajiban lain sebagai seorang muslim yaitu berdakwah. Tentunya, semua itu perlu bekal yang memadai, salahsatu bekal tersebut adalah bahasa. Bahasa merupakan salah satu hal yang sangat penting. Bagaimana tidak, bahasa merupakan alat komunikasi, interaksi dengan orang lain diberbagai belahan dunia, tentu bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan diseluruh dunia yang harus kita miliki. Program immersion, adalah salahsatu program tahunan yang dilaksanakan di Sekolah Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang dengan tujuan Kota Perth Western Australia sebagai sarana implementasi pembelajaran bahasa Inggris. Program tersebut sangatlah penting untuk siswa ikuti, karena belajar bahasa sejatinya adalah praktek, semakin terbiasa kita menggunakannya maka semakin cepat kita bisa berbicara bahasa tersebut. Bahasa adalah jendelanya dunia. 


Oleh: Umar Hadikusumah, S.Pd